Apklindo DIY Dorong Peningkatan Kapasitas Tenaga Klining Servis

share on:
Ketua Umum Apklindo DPD DIY Salva Yurivan Saragih (tengah berbaju putih ) disela kegiatan pelatihan di Sumberadi Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman,Sabtu (2/12/2023) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Sebagai organisasi badan usaha yang bergerak di bidang jasa klining servis, anggota Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) DPD DIY terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan.

Salah satu upaya yakni dengan digelar pelatihan atau training klining service guna meningkatkan pengetahuan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

BACA JUGA: Hidup dengan Kue Putu Sejak 1979, Ini Pendapatan Kamijan dan Wasiati Setiap Hari

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) DPD DIY, Salva Yurivan Saragih STP disela kegiatan pelatihan di Sumberadi Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman,Sabtu (2/12/2023).

Salva Yurivan Saragih (kiri) didampingi Kabul Rustanto memberikan pembekalan kepada peserta pelatihan || YP-Ist

“Pada hari ini ada pelatihan  K3 dan kaitannya dengan kompetensi bagi seorang tim leader, supervisor dan manager, diikuti 56 peserta,” kata Salva didampingi Ketua pelaksana kegiatan Kabul Rustanto.

BACA JUGA: Raup Keuntungan Rp 50 Juta, Penjual Tiket Fiktif Konser Coldplay Kini Dibui

Menurut Salva, Asosiasi terus berkontribusi agar K3 menjadi perhatian dalam melaksanakan tugas, melalui pelatihan K3 diharapkan dapat menekan terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja masing-masing, terutama bagi pengawas, tim leader, supervisor. 

“Asosiasi berkontribusi untuk mendukung itu, maka kita juga bermitra dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja dan mereka sangat mendukung,” jelas dia.

Target tahun depan, pihaknya akan menggelar pelatihan sekaligus program sertifikasi dengan menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), sehingga para peserta memiliki sertifikat profesi yang berkompeten sebagai penyedia jasa.

BACA JUGA: Polisi Belum Perlu Menahan Firli Bahuri

“Jadi klining service itu sebuah profesi, secara kelembagaan diakui negara dan ada kompetensinya, mereka ada gradenya ada junior, senior, tim leader, supervisor sampai dengan manager,” ungkapnya.

Peserta nampak antusias mengikuti kegiatan saat dipaparkan materi oleh Ketua Umum Apklindo DPD DIY Salva Yurivan Saragih || YP-Ist

Sejauh ini, sebagai penyedia jasa pihaknya telah dipakai oleh klien disejumlah perusahaan atau instansi milik pemerintah, diantaranya kantor-kantor, hotel, mall, rumah sakit dan sebagainya. Melalui asosiasi diharapkan ada persaingan sehat antar perusahaan penyedia jasa klining service.

BACA JUGA: Di DIY, Laskar PPP Optimis AMIN Menang 57 Persen

“Kami melihat kalau pengawas dan supervisor ini bagus, maka ia akan menularkan kepada teman-teman di lapangan,” sebut dia.

Pihaknya berharap melalui pelatihan-pelatihan maka tenaga klining service memiliki rasa kebanggan terhadap profesinya, sehingga semakin terampil dan lebih produktif dalam bekerja.

BACA JUGA: KPK akan Berhentikan Tetap Firli Bahuri Jika Sudah Berstatus Terdakwa

“Dari jumlah tenaga kerja di DIY yang tergabung dalam asosiasi sekitar 50 persen telah memiliki sertifikasi, karena sejumlah pemakai jasa juga menginginkannya,” tutur dia.

Sejauh ini, sebanyak 50  perusahaan yang bergerak di bidang jasa klining servis telah bergabung  dalam Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo) DIY, sedangkan secara nasional telah terdaftar  sekitar 4.000 perusahaan. (Opo)

 

 

 

 

 

 


share on: