Warga Lega, Proyek Jembatan Kalijogo Memasuki Tahap Konstruksi

share on:
Proyek pengerjaan konstruksi Jembatan Kalijogo tengah dilakukan || YP-Eko Purwono

SYogyapos.com (SLEMAN) - Warga Dusun Karang Wetan, Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Sleman kini bernafas lega. Pasalnya Jembatan Gantung yang merupakan akses penting menghubungkan wilayah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul tersebut kini memasuki tahap konstruksi pembangunan.

Pembangunan dilakukan karena jembatan yang membentang di atas Kali Opak tersebut ambrol setelah diterjang arus sungai yang kuat pada Rabu, 30 Januari 2019 silam. Terdapat satu wilayah RT di Dusun Karang Wetan yang kini terpisah.

“Jembatan gantung rusak setelah diresmikan pada tahun 2019, ngak berselang lama setelah diresmikan diterjang banjir Kali Opak. Sehingga memisahkan sebagian wilayah RT 6 RW 30. Sementara ini ada kegiatan konstruksi, maka mereka lewat jalan Wonosari,” kata salah satu warga Dusun Karang Wetan, Supriyo (61) kepada media ini, Kamis (27/1/2022).

Dia mengungkapkan dengan dibangunnya jembatan ini, dirinya kini mengaku senang dan menyatakan rasa terima kasih kepada Pemerintah. Berharap kedepannya dapat meningkatkan roda perekonomian warga sebab dilokasi tersebut terdapat destinasi wisata yang dikelola oleh warga, yakni wisata Bumi Wangi Karang Wetan yang merupakan satu paket dengan lokasi Batu Kapal, Wisata Embung Candi serta Lava Bantal.

“Sejak jembatan rusak dan ditambah adanya Covid-19 daerah ini menjadi sepi, padahal sebelumnya ini menjadi salah satu obyek wisata

yang dikelola oleh warga kampung, ada lintasan  sepeda dan motor, perkemahan, perikanan, pemancing, namun saat ini sepi semenjak Korona dan rusaknya jembatan,” jelasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Satker PJN DIY, Julian Situmorang menjelaskan proyek ini merupakan satu paket pekerjaan dengan pembangunan Jembatan Sanggrahan yang berlokasi di wilayah Maguwoharjo Kapanewon Depok.

“Anggaran pembangunan jembatan Kalijogo sekitar Rp 3,1miliar,” kata Julian. (Opo)

 


share on: