Tim SAR Berhasil Temukan Jazad Ngatijan

share on:
Tim SAR saat menyisir sungai melakukan pencarian Ngatijan || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Setelah sehari dinyatakan hilang, Abdi Utomo alias Ngatijan (81), warga Karang Tengah Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul akhirnya berhasil ditemukan dalam kondisi sudah menjadi mayat, Kamis (13/1/2022) sekitar Pukul 14.30.

Ngatijan semula dinyatakan hilang, hanyut di Sungai Celeng Dusun Pucung Growong Kalurahan ini pada Rabu (12/1) pukul 20.20 WIB. Tapi kemudian mayatnya berhasil ditemukan oleh Tim SAR dan Forum Peduli Resiko Bencana (FPRB) Bantul.

“Kami berhasil menemukan di tempat sekitar 7 kilometer dari lokasi kejadian atau belakang rumah Ngatijan di Sungai Celeng Karang Tengah Imogiri,” kata Anggota FPRB Karang Tengah, E Durokhim, Kamis (13/1) sore.

Dijelaskan, lokasi kecelakaan di Sungai Celeng. Namun ditemukannya dalam kondisi terkurap di tebing Sungai Opak. Aliran Sungai Celeng berhilir ke Sungai Oyo. Aliran air Sangai Oyo berhilir ke Sungai Opak. Sehingga jenazah Ngatijan terbawa arus Sungai Celeng, kemudian masuk ke Sungai Oyo dan terdampar di Sungai Opak. 

Setelah ditemukan, jenazah kemudian diperiksa secara forensik oleh kepolisian dan medis. Hasilnya menunjukkan bahwa korban meninggal dunia diduga kuat karena kecelakaan terseret arus air.

Jenazah selanjutnya dimandikan oleh para petugas relawan dan warga untuk dimakamkan di tempat pemakaman umum yang ada di Karang Tengah.

Komandan SAR Dalop Bantul, Bondan S, saat dihubungi yogyapos.com, menyatakan bersyukur timnya berhasil menemukan jenazah itu. “Alhamdulillah sudah ditemukan dan diserahkan ke keluarganya untuk dimakamkan,” ujarnya.

Bondan mengingatkan masyarakat agar waspada dalam kondisi musim sekarang, hujan dan angin kencang. Sebab potensi terjadi arus besar sungai dan pohon tumbang dan sejenisnya. (Spd)


share on: