Summit People Caravan Roadshow Berlangsung di Pendapa Parasamya Sleman

share on:

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dengan mengangkat tema ‘Pelayanan Kesehatan Bagi Kelompok Rentan Termasuk Vaksin Bagi Transgender dan Disabilitas', rombongan Civil 20 melakukan Summit People Caravan Roadshow, di Pendopo Parasamnya Sleman, Jumat (30/9/2022).

Direktur Pusat Yakum Katarina Sari dalam sambutanya menyampaikan rasa syukur atas keterlibatan warga Yogya dan berbagai pihak bisa memaparkan hasil inovasi yang sudah dilakukan melalui kerja kolaborasi.

"Dengan kolaborasi ini kita bisa menyelenggarakan layanan kesehatan yang utuh menyeluruh kepada masyarakat khususnya kelompok marginal yang dalam hal ini kepada teman-teman disabilitas termasuk didalamnya orang dengan disabilitas psikososial lansia, transgender, serta kelompok marginal lainnya,” kata Katrina.

Sementara Agung Prakoso selaku Koordinator Working Group Vaccine Access End Global Health Civil 20 mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka C 20 Sammit yang akan berlangsung di Bali pada 5,-,7 Oktober 2022.

Namun sebelumnya rombongan akan singgah ke beberapa daerah yang merupakan contoh baik dalam menjalin kerjasama antara organisasi dan masyarakat. Roadshow Civil 20 sendiri diawali dengan on line roadshow tanggal 12  sampai 22 September. Dilanjutkan dengan Local and Caravan Roadshow. "Diharapkan dalam caravan roadshow bisa menunjukkan kerja dan praktek yang sudah dilakukan melalui kerja kolaborstif dari berbagai stakeholder dilapisan masyarakat sipil maupun pemerintah terkait akses vaksin  dan berbagai hal layanan kesehatan yang sudah dilakukan di Sleman serta Yogyakarta,” ujar Agung.

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat Mafilindati Nuraini ,dalam membacakan sambutan Bupati Sleman, berharap delegasi Civil 20 bisa mendapat gambaran langsung dari para pelaksana program dan pemberi layanan sehingga para delegasi dapat mengetahui kolaborasi yang dilakukan antara pemerintah dengan swadaya masyarakat dalam memberikan layanan yang insklusif bagi masyrakat.

Dalam kegiatan ini juga diisi sesi diskusi oleh Jenny Mikha dari Yayasan Kebaya Yogyakarta, Ngumar selaku tokoh Agama, Sri Hascaryo dari kelompok Swabantu Ngudi Laras, Dinar Rizky dari Yakum Emergency Unit, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama. Masing-masing narasumber memaparkan inovasi serta bentuk kerja kolaboratif yang telah dilaksanakan guna mempermudah pelayanan kesehatan bagi kelompok masyarakat. (*/Agn)

 


share on: