Lewat Sentuhan Secret Styled, Pakaian Bekas Tampil Berkelas

share on:
Tampil mempesona mengenakan produk Secret Styled || YP-Dedy Herdito

Yogyapos.com (SLEMAN) - Fast fashion merupakan karakteristik tren mode yang cepat berubah dengan harga pakaian yang murah sehingga mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak pakaian baru. Minat yang tinggi terhadap fast fashion mengakibatkan lonjakan besar dalam volume impor pakaian bekas di Indonesia.

Di Indonesia jumlah limbah pakaian bekas mencapai sekitar 1,7 juta ton setiap tahun dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menyebabkan kerusakan lingkungan alam yang terus berkelanjutan.

Mahasiswi UNY awak Secret Styled || YP-Dedy Herdito

Oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY membuat produk pakaian yang berfokus pada penggabungan budaya dan kesadaran lingkungan menggunakan bahan dasar dari pakaian bekas layak pakai dan jarik kain batik khas Yogyakarta yang tidak terpakai lagi.

BACA JUGA: Dukung AMIN untuk Perubahan, Ratusan Relawan Tabuh Kentongan 'Siyaga Rakyat' di Titik Nol Yogya

Para mahasiswa yang terdiri dari Mustika Natalia prodi Pendidikan Sosiologi, Alifia Salsabiila prodi Pendidikan Ekonomi, Hasna Putri Nurlaila prodi Pendidikan Geografi serta Asni Muslimah dan Novita Dewi Sulistyowati prodi Pendidikan Teknik Busana menggagas Secret Styled yaitu inovasi modifikasi metode mix and match dan custom-made berbahan dasar pakaian layak pakai yang sudah disortir untuk menjaga kualitas produk pakaian. Packaging yang digunakan juga ramah lingkungan dengan box pakaian sustainable dan kain goni sebagai pembungkus produk.

BACA JUGA: Jumat, Firli Bahuri Dijadwalkan Diperiksa Sebagai Tersangka Dugaan Pemerasan

Menurut Mustika Natalia produk pakaian bekas yang diolah menggunakan pendekatan custom-made dan mix and match mampu memberikan style fashion yang unik sesuai preferensi masing-masing individu dengan memperhatikan cara berpakaian sesuai nilai norma di masyarakat dan juga menggabungkan konsep budaya melalui penggunaan kain batik maupun pakaian adat seperti kebaya.

Salah satu produk Secret Styled || YP-Dedy Herdito

Konsep ini tidak hanya memberikan kebebasan ekspresi diri melalui pilihan pakaian yang unik, tetapi juga mempromosikan praktik berkelanjutan dalam industri fashion.

BACA JUGA: Pengusutan Mafia TKD Candibinangun, Penyidik Kejati Libatkan Ahli Elektronik

“Dengan memanfaatkan pakaian bekas yang sudah ada, Secret Styled mengurangi permintaan akan produksi pakaian baru yang cepat dan berlebihan, serta membantu mengurangi limbah pakaian yang terbuang” katanya, Kamis (30/11/2023).

Hasna Putri Nurlaila menambahkan jasa custom-made serta mix and match memungkinkan konsumen untuk menciptakan kombinasi pakaian yang unik dan personal, sesuai dengan preferensi masing-masing individu dengan memanfaatkan pakaian bekas yang sudah ada. Hal tersebut memberikan efek padapenurunan permintaan akan produksi pakaian baru yang cepat dan berlebihan.

BACA JUGA: 88 Butir Peluru dan 1 Magazine Ditemukan di Rumah Seorang Warga Sanden

“Bukan hanya unik dan personal, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri konsumen dan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih memuaskan,” ujar Hasna.

Selain itu, integrasi elemen-elemen tradisional seperti batik dan pakaian adat seperti kebaya dalam desain pakaian juga mendukung pelestarian budaya lokal. Bisnis ini mempromosikan warisan budaya dan memberikan dukungan ekonomi bagi para pengrajin dan produsen setempat.

BACA JUGA: Bedah Rumah, Jalan Sehat dan Pembagian Sembako akan Mewarnai HAB ke-78 di Bantul

Asni Muslimah menjelaskan proses produksi Secret Styled diawali dengan cara mendapatkan pakaian bekas melalui jasa jual beli yang ditawarkan oleh Secret Styled, melalui prosedur sortir pakaian bekas dari customer yang hendak menjual bajunya.

Tetap penuh percaya diri || YP-Dedy Herdito

“Langkah selanjutnya, yaitu mengisi form berisikan data diri, jenis pakaian, kualitas pakaian, dan persetujuan melalui tanda tangan bahwa pakaian yang dijual legal atas dasar peraturan pemerintah yang dilampirkan dalam form,” katanya.

BACA JUGA: Wabup Joko Purnomo Ingatkan Netralitas ASN Bantul di Pemilu 2024 

Selain itu Secret Styled bekerja sama dengan lembaga yang menangani perdistribusian baju bekas. Metode custom-made dan mix and match tersebut didasari dengan mengikuti fashion look trending, fashion modern, dan fashion season. Selanjutnya, dalam menjaga konsistensi untuk mendukung menjaga kelestarian lingkungan digunakan packaging ramah lingkungan, yaitu karton, daun pisang, dan kertas daur ulang untuk pengiriman jangkauan luar kota dan dalam kota.

BACA JUGA: Polisi Bekuk Dua Tersangka Kekerasan, Sita Sepucuk Airsoft Gun

Secret Styled memiliki strategi marketingmenggunakan market place dan sosial media yang bisa dijangkau oleh para customer. Diharapkan Secret Styled akan memberikan kontribusi positif dalam mengurangi limbah yang diakibatkan oleh bisnis pakaian daur ulang fast fashion.

Karya ini berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi Nasional Entrepreneur Class an Annual Event Of BEMP Elektro Universitas Negeri Jakarta yang diikuti berbagai kampus negeri dan swasta. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang lingkungan alam dan warisan nilai budaya. (Dedy Herdito)


share on: