Aspeknas DIY Gelar Uji Asesmen SKK bagi Siswa SMKN 2 Depok dan Mandiraja Banjarnegara

share on:
Sebanyak 30 siswa dari SMK Negeri Mandiraja Banjarnegara Jawa Tengah kelas XII jurusan Kompetensi Keahlian dan Informasi Bangunan mengikuti uji asesmen SKK, di TUK Sewaktu SMKN 2 Depok Sleman, Sabtu (25/11/2023) ||  YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - DPD Asosiasi Pelaksana Konstruksi Nasional (Aspeknas) DIY mengadakan Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK) secara massal, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sewaktu SMKN 2 Depok, Caturtunggal Sleman, Sabtu (25/11/2023).

Diikuti sebanyak 30 siswa kelas XII jurusan  Kompetensi Keahlian dan Informasi Bangunan SMKN Mandiraja Banjarnegara Jawa Tengah dan telah mendapatkan materi sesuai kompetensi juru gambar bangunan gedung untuk mengikuti uji asesmen SKK.

BACA JUGA: Jokowi Berhentikan Firli, Ketua Sementara KPK Dijabat Nawawi

Ketua DPD Aspeknas DIY, Doso Winarno mengatakan Aspeknas sebagai mitra terpercaya bagi dunia usaha dan para profesional dalam mengembangkan kemampuan usaha serta kompetensinya terutama dalam memenuhi kebutuhan pembinaan dan pelatihan kompetensi kerja.

“Kegiatan ini didanai melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) APBN 2023, sebanyak 30 juru gambar  terdiri dari jenjang 2 secara luring dan disiapkan 2 koordinator kegiatan dan 2 asesor kompetensi,” kata Doso.

BACA JUGA: Try Out Calon Advokat Mewarnai Syukuran Menempati Kantor Baru DPC Peradi Wates

Doso menjelaskan, konstruksi sebagai pengakuan terhadap seorang tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan di bidang konstruksi. Sesuai Surat Edaran No. 02/SE/M/2021 /SE/M/2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Menteri PUPR No 30/SE/M/2020 tentang Transisi Layanan Sertifikasi Badan Usaha dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi.

BACA JUGA: CFD di Sleman, Wabup Ikut Jogging

Dengan memiliki sertifikat ini, merupakan sertifikat profesional dari sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) badan resmi dari Pemerintah yang fokus pada program sertifikasi kompetensi.

BACA JUGA: Jumat Curhat di Laguna Pantai Depok, Polda Informasikan Marak Kejahatan Penipuan

“Sertifikat ini bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjalin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan oleh pemilik sertifikat,” tandasnya.

Acara dihadiri pula Kepala Sekolah SMKN 2 Depok Sleman Agus Waluyo, Ketua Program Studi SMKN 2 Depok Darmawan ketua program studi SMKN 2 Depok dan Ketua LSP SMKN 1 Mandiraja Banjarnegara Awaliam. (Opo)

 

 

 

 

 


share on: