Warga Terdampak Tol di Margokaton Tagih Kejelasan Pembayaran Ganti Rugi

share on:
Tim pengadaan lahan Jalan Tol sedang memandu jalannya musyawarah || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Warga terimbas proyek Jalan Tol Yogya-Bawen Sesi I pada 6 dusun di wilayah Kalurahan Margokaton, Kapanewon Sayegan berharap segera mendapatkan kejelasan waktu pelaksanaan pembayaran uang ganti kerugian, pasca dilakukannya musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian yang telah dimulai sejak 14 September 2021 di Aula Kantor Kalurahan Margokaton.

“Semoga setelah ada musyawahah penetapan bentuk ganti kerugian, warga terdampak di wilayah Margokaton segera mendapatkan uang ganti kerugian,” ujar Jagabaya Kalurahan Margokaton, Didik Harjuandi, Selasa (14/9/2021) di ruang kerjanya.

Diterangkanya, sebanyak kurang lebih 285 bidang dan 85 bangunan nantinya bakal dibebaskan untuk kepentingan proyek, meliputi lokasi di sejumlah dusun, diantaranya Susukan I, Susukan II, Susukan III, Somokaton, Sonoharjo dan Bantulan.

“Untuk data jumlah yang pasti sudah ada di masing- masing tim B ada di Dukuh yang langsung berhubungan dengan tim pengadaan tanah atau PPK,” kata dia.

Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian PUPR, Galih Alfandi mengatakan jumlah bidang yang terimbas pembangunan Jalan Tol Yogya- Bawen Sesi I di Margokaton, sebanyak 228 bidang, jumlah tersebut belum termasuk yang tercatat sebagai falisitas umum (fasum).

Kegiatan ini berlangsung empat hari, mulai hari ini (Selasa, 14/9) dilakukan musyawarah penentuan bentuk kerugian di Margokaton, lalu hari Rabu dan Kamis (15 - 16 September) dan dilanjutkan pada Rabu (22/9).

Lanjut dia, proses pembebasan tanah untuk proyek trase Jalan Tol Yogya-Bawen Sesi I terus dikebut, menyasar wilayah selanjutnya.

“Sudah kita agendakan pelaksanaan musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian di Dusun Tambakrejo dan Dusun Sumberejo, Kapanewon Tempel pada Oktober 2021, setelah itu dilanjutkan di Dusun Banyurejo Tempel,” pungkasnya. (Opo)

 

 


share on: