Wafat, Dubes Luar Biasa Dr Muhammad Prakosa Dimakamkan di Bantul

share on:
Detik-detik pemberangkatan jenazah Dr Muhammad Prakosa dari rumah duka ke pemakaman, Selasa (24/1/2023) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Ribuan pelayat termasuk sejumlah pejabat dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengiringi upacara pemberangkatan jenazah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino, FAD serta WFP maupun Unidroit, Dr Muhammad Prakosa, dari rumah duka Pendapa Prakosan ke pemakaman, Selasa (24/1/2023).

Diantara pelayat nampak Kepala BKKBN yang juga Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Duta Besar dari Kementerian Luar Negeri dan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Dr Rhuanda A Sugardiman maupun Angota DPR RI PDI Perjuangan My Esti Wjayati.  

BACA JUGA:  https://yogyapos.com/berita-dandim-yogya-letkol-arh-burhan-ingatkan-anggota-tetap-bertahta-di-hati-rakyat-9504

Selan itu juga Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih dan Wabub Joko Purnomo. Hadir pula sejumlah anggota DPRD Bantul Aryunadi, Endro S, Suratman, Aryunadi dan sejumlah pejabat dari Pemerintah DIY dan Pemkab Bantul.

Dr Muhammad Prakosa menimggal dunia di Keduataan Roma, pada 21 Januari 2023. Setiba di Dubai pada Minggu (22/1), selanjutnya diterbangkan ke Jakarta dan langsung dilakukan serah terima, kemudian diterbangkan lagi ke Bantul hingga dimakamkan di pemakaman keluarga, Dusun Gersik Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul DIY pada Selasa (24/1) siang tadi.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-marsma-dedy-susanto-se-menjabat-danlanud-adisutjipto-gantikan-marsma-azhar-aditama-9503

Dr Muhammad Prakosa pernah penjabat di Kementerian Pertanian, Anggota DPR RI dan terakhir sebagai Duta Besar tersebut.

“Kami semua banyak yang merasa kehilangan atas meninggalnya Bapak Dr Muhammad Prakosa. Ia seorang yang dikenal dekat dan sama-sama pencinta kelestarian lingkungkan dengan Ibu Megawati Soekarno Putri. Ia banyak jasanya untuk nusa, bangsa dan negara. Kami ikut berduka. Semoga arwahnya siterima disisiNya,” ungkap Hastro Kristiyanto, dalam sambutan upacara pemakaman.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-bupati-gunungkidul-dukung-kiprah-perkumpulan-wartawan-online-indonesia-9500

Sambutan juga disampaikan Dr Rhuanda A Sugardiman, bahwa almarhun Muhammad Prakosa merupakan sosok yang mempunyai prestasi dan berjasa di sektor perntaian. Saat meninggal dunia ia dalam rangka bertugas sebagai Duta Besar.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, pihaknya merasa kehilangan atas meninggalnya Muhammad Prakosa.

Abdul Halim Muslih atas permintaan pihak keluarga setelah memberikan sambutan juga memimpin doa pemberangkatan jenazah ke pemakaman. (Spd)

 


share on: