Oknum Wartawan Pencuri Kamera di DPRD Sleman Divonis 6 Bulan, Advokat Suyanto Apresiasi Hakim

share on:
Terdakwa mengenakan rompi tahanan oranye mendengarkan pembacaan vonis di PN Sleman, Rabu (28/2/2024) || Agung DP

Yogyapos.co (SLEMAN) – Terbukti mencuri kamera handycam di DPRD Sleman, BAM (37) oknum wartawan sebuah media Jakarta divonis 6 bulan penjara oleh majelis hakim PN Sleman, Rabu (28/2/2024).

Majelis hakim diketuai Edy Antono SH menyatakan, perbuatan terdakwa secara sah dan menyakinkan terbukti melanggar pasal 362 KUHP. Vonis ini lebih ringan 4 bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Hasti Winarsih Novindari SH.

BACA JUGA: Peroleh Suara Terbanyak, Eko Djoko Widiyatno SH MH dari PKB untuk DPRD Yogya

Menanggapi vonis majelis hakim tersebut terdakwa dan pengacaranya, Advokat Suyanto Siregar SH, menyatakan menerima alias tidak mengajukan upaya hukum banding.

Suyanto Siregar SH apresiasi hakim || YP-Agung DP

“Saya menghormati putusan hakim serta mengapresiasinya karena telah mempertimbangkan hal-hal yang meringankan, diantaranya obyek pencurian berupa kamera sudah dikembalikan, terdakwa menyesali perbuatannya dan sudah ada permaafan dari korban,” ungkap Suyanto kepada yogyapos.com, usai sidang.

BACA JUGA: Seorang Caleg Diduga Depresi, Direktur RSUD Bantul Membenarkan Lakukan Pendampingan Psikis

Suyanto juga mengatakan, atas peristiwa tersebut dirinya selaku pribadi maupun kuasa hukum terdakwa meminta maaf kepada teman-teman wartawan di Yogya, khususnya yang biasa melakukan peliputan di Sleman.

“Semoga rekan-rekan wartawan memaafkan. Semoga ini menjadi pembelajaran klien. Ya perkara ini terbilang langka berprofesi wartawan tersangkut tindak pidana pencurian,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf DPRD Sleman Subono sesuai sidang mengungkapkan dengan selesainya perkara ini diharapkan obyek kamera dan lainnya yang menjadi barang bukti segera dikembalikan. Karena akan segera dipergunakan kembali di Kantor Dewan.           

BACA JUGA: Ketua PWI DIY Drs H Hudono SH: Pengurus PWI Sleman Harus Pegang Teguh Sumpah dan Janji

Di persidangan terungkap, pencurian terjadi pada 4 Oktober 2023 pukul 14.45 WIB. Sebelum beraksi, terdakwa mengendarai Honda Vario menuju Gedung DPRD Sleman. Setelah memarkir sepeda motor, kemudian bergerak menuju lantai 3 dan membawa kabur 1 Kamera Handy Cam Merk Sonye HXR-NX30P beserta Kartu Memory, 1 unit electret condenser microphone type ECM-XM1dan 1 unit Wireless video transmiter seri CVW Pro 200 milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman yang dikelola oleh Sekretariat Dewan DPRD Sleman. Usai beraksi, ia pulang ke rumahnya.

Aksi terdakwa menggondol barang elektronika senilai Rp 70 juta itu berlangsung mulus. Namun kemudian diketahui oleh saksi berdasarkan rekaman CCTV, hingga dilaporkan ke polisi yang kemudian menangkapnya. (Agn)


share on: