ABUJAPI DIY Bekali Satpam Materi Inteljen dan Investigasi

share on:
Anggota Satpam yang tergabung dalam ABUJAPI mendapatkan pembekalan materi intelejen dan investigasi || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dalam upaya meningkatkan kompetensi bagi seorang anggota Satuan Pengamanan (Satpam), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Daerah Istimewa Yogjakarta memberikan pembekalan materi terkait intelejen dan investigasi.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) ABUJAPI DIY, Salva Yurivan Saragih STP mengatakan sebagai mitra Polri dalam menjaga rangka Kamtibmas di lokasi kerja masing-masing, Satpam kini dibekali pengetahuan intelejen dan investigasi dengan mengandeng Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda DIY.

BACA JUGA: Di DIY, Laskar PPP Optimis AMIN Menang 57 Persen

“Kemarin peserta (Satpam) mengikuti pembelajaran tentang intelejen dan investigasi, kami bekerjasama dengan Binmas Polda DIY, kemarin yang mengajar AKBP Hadi Sutomo dan AKBP Edy Saragih,” kata Salva, Sabtu (2/12/2023).

Menurut Salva, Satpam didorong agar memiliki ilmu intelejen dan pengetahuan investigasi yang mumpuni, hal ini penting karena perangnya dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan mampu menganalisa, memiliki kecakapan dan ketrampilan terkait kejadian kejahatan di sekitar tempat bekerja.

BACA JUGA: Usai Jemput Adik, Calon Wisudawan UNY Meninggal Dunia karena Kecelakaan

“Sebagai contoh, dalam kasus pencurian dia harus tahu dimana ring satu, ring dua, ring tiga, dan punya akses di sekitar lingkungan dia bekerja, contoh lagi sebagai Satpam di rumah sakit harus jeli terhadap gerak gerik seseorang yang mencurigakan dan harus dekat dengan masyarakat sekitar dan tokoh masyarakat setempat,” tandasnya.

BACA JUGA: Main Bacok, Remaja 16 Tahun dan Barang Bukti Celurit Jumbo Diamankan Polisi

Terkait grade dalam Satpam, setiap anggota  wajib memiliki kartu anggota Tanda Kewenangan Kepolisian terbatas, punya kompetensi yakni Garda Pratama dengan melalui sekolah selama 150 jam, Garda Madya wajib mengikuti sekolah selama 100 jam  dan Garda Utama mengikuti sekolah selama 60 jam.

BACA JUGA: PAD Sleman Hingga November 2023 Tembus 932 Miliar

“Kartu anggota Garda Pratama dan Garda Madya diterbitkan oleh Ditbinmas Polda DIY, sedangkan kartu Garda Utama diterbitkan dari Mabes Polri,” sebut dia.

Ia menambahkan, hingga saat ini berdasarkan data dari BPJS Kesehatan di DIY tercatat sebanyak 100 perusahaan telah tergabung dalam ABUJAPI dengan jumlah Satpam sebanyak 10.000. sedangkan data secara nasional  tercatat 2.500 perusahaan jumlah Satpam mencapai 800 ribu orang. (Opo)

 

 


share on: