Wajah Baru Ruang Utama Muspusdirla Kian Undang Perhatian Masyarakat

share on:
Ruang utama Muspusdirla yang kian keren || YP-Supardi

Yogyapos.com (SLEMAN) - Ruang Utama Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta kini memiliki wajah baru setelah ditata ulang. Tampilan ruang utama kini lebih modern dibanding sebelumnya.

Di Ruang Utama dipasang foto Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari masa ke masa. Tak hanya itu foto Panglima TNI dari Angkatan Udara, sejarah pembentukan TNI AU, operasi udara dan Lambang TNI AU Swa Bhuwana Paksa turut dipasang. Lagu Mars TNI AU Swa Bhuwana Paksa juga diperdengarkan di ruang seluas 220 meter persegi ini.

Di Ruang Utama pengunjung bisa mengetahui biodata para Kasau dari layar sentuh. Begitu juga sejarah TNI AU secara detail. Di ruang yang sama, tepatnya di lobi sisi kanan, sejarah gedung museum tersaji dalam narasi dan foto-foto yang menarik.

Tampilan wajah baru ruang utama Muspusdirla tak lepas dari gagasan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos. Dikatannya revitalisasi Muspusdirla sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan, pejuang dan perintis TNI AU serta upaya TNI AU untuk memberikan informasi dan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui informasi yang disajikan di Museum. 

“Desain yang kekinian dan penambahan konten digital diharapkan menjadi daya tarik dan memudahkan pengunjung museum dalam mendapatkan informasi,” terangnya dalam rilis, Jumat (5/8/2022).

Tata ulang ruang utama pun mendapat apresiasi dari Kasau dan para mantan Kasau saat menghadiri acara Sambung Rasa Hari Bakti yang digelar di Muspusdirla.

 

Pesawat N-250 Koleksi Masterpiece

Muspusdirla membumi dengan sebutan Museum Pesawat Terbang. Terletak di Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta, museum kebanggaan warga Angkatan Udara ini memamerkan 61 pesawat terbang, produksi berbagai negara baik negara- negara dari blok timur maupun dari blok barat.

Pesawat terbang produksi Indonesia pun dipamerkan. Bahkan pesawat terbang N-250 produksi Industri Pesawat Terbang Nusantara menjadi koleksi masterpiece.

Muspusdirla juga memamerkan beberapa koleksi lain, seperti pakaian peninggalan Pahlawan Nasional dari TNI Angkatan Udara, diorama pembentukan dan peran TNI Angkatan Udara, foto-foto para tokoh TNI Angkatan Udara, berbagai Tanda Kehormatan, Radar dan Roket.

“Untuk memudahkan pengunjung melihat-lihat koleksi, ruang pamer Muspusdirla dibagi menjadi tujuh ruangan yaitu Ruang Utama, Ruang Kronologi, Ruang Seragam, Ruang Kotama, Ruang Alutsista, Ruang Diorama dan Ruang Minat Dirgantara,” pungkasnya. (Spd)

 


share on: