UNY Miliki 181 Guru Besar

share on:
Rektor UNY Prof Sumaryanto (kiri) menghaturkan ucapan selamat kepada 13 Profesor baru, Sabtu (19/6/2021) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menambah 13 guru besar melalui pengukuhan yang digelar di Auditorium kampus setempat, Sabtu (19/6/2021). Mereka adalah Prof Ibnu Syamsi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kewirausahaan Anak Berkebutuhan Khusus dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof Anwar Effendi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sastra dan Bahasa Indonesia (Fakultas Bahasa dan Seni), Prof Sugiman Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika (Fakultas MIPA), Prof Insih Wilujeng Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan IPA (Fakultas MIPA), Prof Paidi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Strategi Pembelajaran Biologi (Fakultas MIPA), Prof Agus Maman Abadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Matematika (Fakultas MIPA).

Kemudian Prof Dhoriva Urwatul Wutsqa Guru Besar dalam Bidang Ilmu Matematika (Fakultas MIPA), Prof Marzuki Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam (Fakultas Ilmu Sosial), Prof Subagyo Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Olahraga (Fakultas Ilmu Keolahragaan), Prof Endang Rini Sukamti Guru Besar dalam Bidang Ilmu Ilmu Kepelatihan Olahraga (Fakultas Ilmu Keolahragaan), Prof BM Wara Kushartanti Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Fakultas Ilmu Keolahragaan), Prof Soni Nopembri Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Jasmani (Fakultas Ilmu Keolahragaan) dan Prof Endang Mulyani Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi (Fakultas Ekonomi).

Rektor UNY Prof Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pengukuhan guru besar ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Dies Natalis UNY ke-57 yang dirancang sederhana namun khidmat.

“Selamat dan sukses atas reputasi yang ditunjukkan pada kita dengan adanya pidato pengukuhan sebagai guru besar,” kata Sumaryanto.

Rektor juga menyampaikan hingga saat ini UNY sedang menunggu persetujuan usulan guru besar dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sejumlah 35 orang meliputi FBS 10 orang, kemudian FIP, FMIPA, FIS, FT dan FIK masing-masing 5 orang. Rektor juga meminta agar diberitahu apabila ada mahasiswa, dosen atau tenaga kependidikan yang mendapat cobaan akibat pandemi Covid-19 karena akan di back-up termasuk untuk rehabilitasi. 

Dengan pengukuhan para guru besar ini menandakan bahwa UNY telah memiliki 181 orang profesor. (*/Met)


share on: