UNY Laksanakan Vaksinasi bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

share on:
Suasana vaksinasi Covid-19 di lingkungan UNY, Selasa (6/4/2021) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan vaksinasi bagi dosen dan tenaga kependidikan yang berlangsung di Auditorium, Selasa (6/4/2021).

Menurut Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Edi Purwanta dalam vaksinasi tahap pertama ini UNY mendapat jatah 500 dosis yang akan dilaksanakan dalam dua periode. “Periode pertama hari ini dan kedua pada dua puluh delapan hari yang akan datang,” kata Edi Purwanta.

Diungkapkan, vaksinasi ini dilakukan untuk dosen yang berusia diatas 59 tahun meliputi Majelis Guru Besar, anggota pimpinan, senat serta pengurus universitas, fakultas dan program studi yang banyak kontak langsung dengan mahasiswa.

Rektor UNY Sumaryanto dalam sambutannya mengajak untuk selalu menjaga sinergi karena silaturahmi bagian dari ibadah untuk bisa tetap memperpanjang umur dan menjaga kesehatan.

“Selama pandemi kami tetap bekerja dengan menjaga protokol kesehatan,” ungkap guru besar Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut.

Rektor juga menginformasikan bahwa UNY telah menyumbangkan APD ke rumah sakit dan Pemda Sleman yang merupakan karya dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik dan dan unit yang lain untuk meringankan Pemda dalam rangka menangani Covid-19. Rektor juga memberi informasi bahwa belum lama ini di GOR UNY dilaksanakan berbagai macam kegiatan diantaranya Liga Futsal Nasional yang dilaksanakan tanpa penonton.

“Beberapa fasilitas olahraga sudah digunakan oleh klub sepakbola profesional dalam rangka menghadapi Menpora Cup,” papar Sumaryanto.

Ketua panitia kegiatan dr Prijo Sudibjo mengatakan, kegiatan vaksinasi ini berlangsung selama satu hari pada tahap pertama karena jatah vaksinasi dari Dinas Kesehatan Provinsi DIY yang dibagi-bagi dengan institusi lain, UNY hanya mendapat kuota 500 paket vaksin.

“Sisa kuota yang ada akan diberikan pada periode berikutnya,” katanya. Menurutnya, penyuntikan vaksin yang kedua akan dilakukan 28 hari setelah penyuntikan vaksin pertama. Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan tersebut memaparkan bahwa UNY mengusulkan sejumlah 2.367 paket vaksin pada Dinas Kesehatan Provinsi DIY dan baru terealisasi sejumlah 500 paket.

Dari 2.367 tersebut dirinci untuk 1.198 orang dosen, 836 orang tenaga kependidikan dan 333 orang pekerja harian lepas, cleaning service dan lainnya. Dikatakannya bahwa rekanan yang ditunjuk UNY untuk melakukan vaksinasi adalah RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan pertimbangan bahwa rumah sakit ini telah sering melakukan vaksinasi untuk berbagi institusi dan bersifat all in, yaitu meliputi pendaftaran, cek fisik dan tensi, screening, meja vaksinasi, meja follow up 30 menit setelah vaksinasi dan termasuk pengolahan limbahnya. Vaksin yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac Biofarma. (*/Met)


share on: