UMY Inisiasi Gerakan Masyarakat Kasihan Bermasker

share on:
Rektor UMY (pegang mic) saat memaparkan program Gerakan Masyarakat Kasihan Bermasker || YP-Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL)- Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menginisiasi Gerakan Masyarakat Kasihan Bermasker yang dilaunching di Pendopo Kecamatan Kasihan Bantul, Rabu (9/9) malam.

Kecamatan yang memiliki 4 kelurahan (Ngestiharjo, Tamantirto, Tirtonirmolo, Bangunjiwo) ini memiliki wilayah yang luas dengan karakter masyarakat heterogen, serta kepadatan penduduk. Hal ini yang membuat UMY menjadikan kecamatan Kasihan sebagai role model program aksi bermasker.

Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto mengungkapkan, aksi ini awalnya spontan dilakukan di lingkungan kampus. Namun setelah berdiskusi dengan Camat Kasihan, disepakati untuk menjadi sebuah gerakan.

“Kita bergerak di wilayah Kasihan dulu, lantaran ini wilayah dimana UMY berlokasi. Wilayah Kasihan itu sangat luas yang terdiri warga asli, pendatang, hingga mahasiswa yang ngekos. Dengan program ini semoga UMY menjadi stimulus bagi kampus-kampus lain di wilayah Kasihan untuk ikut bergerak. Ya, kami coba dulu di Kasihan. Jika dalam waktu 2 bulan berjalan bagus, kami siap mengusulkan ke tingkat Kabupaten. Belum lama ini saya mendapat telpon dari Pak Walikota (Haryadi Suyuti) untuk menggulirkan program serupa di wilayah Kota Yogya,” jelas Rektor UMY.

Sedangkan Camat Kasihan Slamet Santoso sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh UMY dalam mensosialisasikan pentingnya bermasker di tengah masyarakat. “Kami memiliki sekitar 53 pedukuhan dan warga Kasihan menyambut positif gerakan ini. Pihak kampus UMY ikut turun tangan mengedukasi warga. Kesadaran warga untuk selalu mengenakan masker masih rendah. Ini yang menjadikan kami pelecut untuk selalu bergerak dan mengingatkan pentingnya 3 M. Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker dan Menjaga jarak. Untuk titik sosialisasi yang kami sasar semnetara ini ada 20 titik, yang mayoritas area publik,” kata Camat Kasihan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Danramil Kasihan Mayor Mespan, Kapolsek Kasihan Kompol Anton, Kepala Puskesmas Kasihan, jajaran Forpimka, serta sejumlah organisasi, seperti Paksi Katon, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), SAR Bantul, dan sejumlah warga. (Fadholy)

 

 

 

 

 

 


share on: