UAJY Tanam 120 Bibit Pohon di Jurangrejo dan Kalikepek

share on:
Penyerahan bibit pohon || YP-Ist

Yogyapos.com (KULONPROGO) - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Padukuhan Jurangrejo dan Padukuhan Kalikepek, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates.

Kegiatan yang melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) membangun desa melalui kegiatan fisik dan non fisik ini bertepatan dengan momen Dies Natalis ke-57 UAJY, mengusung tema ‘Aktualisasi Karya Ekologis UAJY Menuju Universitas Laudato Si’. Sehingga diharapkan menjadi implementasi nyata program pengabdian masyarakat.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mendorong mahasiswa dan dosen agar tidak hanya melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kampus tetapi juga melakukan interaksi dengan tujuan memahami permasalahan di masyarakat,” tutur Rektor UAJY, Yoyong Arfiadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/9/2022).

Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UAJY, A. Wibowo Nugroho Jati menambahkan,  pengabdian masyarakat ini masuk dalam rangkaian Dies Natalis ke-57 UAJY sehingga kegiatan tersebut memiliki prinsip agar selaras dengan tujuan serta pemanfaatannya.

“Prinsip dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membangun kerja sama antara perguruan tinggi UAJY dengan masyarakat serta meningkatkan pemberdayaan kesejahteraan pada warga,” ujar Wibowo.

Kepala Humas, Sekretariat dan Protokol UAJY, Rebekka Rismayanti mengatakan terdapat tiga program kerja utama. Program fisik berupa pembangunan drainase di depan SD Negeri Kalikepek, kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi fakultas-fakultas di UAJY.

“Kegiatan ketiga penanaman bibit tanaman sebanyak 120 pohon di lahan milik UAJY. Agenda berlangsung selama enam hari, yakni sejak hari Senin (12/9/22) sampai pada hari Sabtu (17/9/22) diakhiri acara peresmian hasil karya pengabdian UAJY,” jelas Rebekka.

Lanjut dia, sebanyak 20 mahasiswa terlibat dalam acara ini, terdiri 15 peserta dan 5 asisten pengabdian, selain itu ada didampingi dosen penyuluh perwakilan dari 6 fakultas, 1 dosen perwakilan dari sentra kekayaan intelektual.

“Dilibatkan pula seorang dosen pelaksana teknis program fisik,” katanya.

Lurah Giripeni, Adi Iswanto menyatakan apresiasi dan ungkapan terimakasih atas kegiatan yang digagas oleh UAJY. “Semoga yang diberikan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat bermanfaat kepada warga secara langsung dan selanjutnya kami berharap dan terus bekerjasama dengan kami pada lain kesempatan,” ungkapnya. (*/Opo)

 


share on: