TMMD Kuatkan Perekonomian Masyarakat

share on:
Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih pada penutupa TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2021, di Dusun Sungapan Kalurahan Argodadi Sedayu, Kamis (14/10) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) diharapkan dapat menguatkan derajad perekonomian warga. Sasarannya pun tidak hanya berupa pembagunan fisik tetapi juga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini sebagaimana yang telah dikerjakan TMMD Sengkuyung III oleh jajaran Kodim Bantul.

“Dalam kesempatan ini kami (Pemkab) Bantul berterimaksih kepada Kodim Bantul karena sasaran TMMD ini telah memenuhi target,” kata Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih pada penutupan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2021, di Dusun Sungapan Kalurahan Argodadi Sedayu, Kamis (14/10).

Program TMMD kali ini, jelas Bupati, juga telah melakukan upaya percepatan penanganan pandemi dengan vaksinasi dan berbagai tugas penuntasan vaksinasi saat ini di Bantul yang telah mencapai 75%. Pelaku isolasi tinggal sekitar 120 orang. Suatu capaian yang membanggakan atas kerja sama TNI Polri dan Masyarakat, semoga situasi dan kondisinya berangsur baik menuju 0 kasus Covid. 

“Kita budayakan hidup baru budaya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, jika pandemi selesai maka ekonomi sosial akan segera kita laksanakan karena masyarakat telah rindu, maka pandemi kita hadapi bersama agar segera selesai,” sambungnya. 

Hasil TMMD dapat menunjang ekonomi masyarakat dan menuju masyarakat yang mandiri. Bantul dengan 933 padukuhan akan segera melaksanakan pembangunan masyarakat berbasis pedukuhan dengan total dana mencapai 46,5 M melalui program padat karya, P2 MD agar semua masyarakat punya infrastruktur yang sempuran agar pemulihan ekonomi segera terwujud.

Terdapat 5 Kategori rencana program yaitu pengelolaan anggaran, pelayanan dasar, pemulihan ekonomi, pengelolaan sampah, inovasi desa dan minimal dengan nilai B maka akan mendapatkan Reword Rp 300 juta. Nilai A mendapat hadiah Rp 500 juta dan harapannya semua kalurahan minimal bernilai B.

Sementara itu, Dandim 0729/Bantul, Letkol Inf Agus Indra Gunawan mengatakan, TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan serta wujud sinergitas membangun Negri, antara TNI-Polri- Pemda dan segenap komponen masyarakat dalam menyelesaikan program pembangun melalui program TMMD. 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua komponen yang terlibat dalam pengerjaan TMMD ini semoga bermanfaat bagi masyarakat Sedayu pada umumnya dan dapat meningkatkan kemajuan ekonomi sebagai jalur lalu lintas dan irigasi pertanian. 

“Selaku pimpinan Kodim kami memohonkan maaf jika selama pengerjaan terdapat tingkah laku tutur kata ataupun sopan santun para anggota kami dalam bersama-sama bekerja baik yang di sengaja maupun tidak disengaja. Namun saya percaya itu semua karena bagian dari seni menghibur diri dan membangun keakraban, tidak ada unsur lain. Kami hanya titip pesan kepada warga masyarakat, mari kita rawat dan kita jaga bersama hasil pekerjaan kita bersama ini semoga dapat bertahan serta berguna secara maksimal,” kata Agus.

Dikatakan, TMMD ini adalah merupakan bagian tugas kami selain perang, dan tujuannya adalah mewujudkan Ruang alat dan kondisi juang guna menjaga pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pada penutupan TMMD ini juga dilanjutkan penutupan secara resmi TMMD Sengkuyung tahap III dan penanda tanganan Prasasti oleh Bupati dan Dandim. (Spd)

 


share on: