Strategi Pengasuhan Anak di Masa Pandemi, Simak Paparan Dr Muhammad Zuhaery

share on:
Dr Muhammad Zuhaery MA saat mnyampaikan materi || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Guna memberikan pencerahan kepada orang tua wali dan guru dalam mendampingi anak dalam pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar Program Pengabdian Masyarakat yang dilangsungkan di SD Muhammadiyah Gondanglegi, Merdikorejo, Kapanewon Tempel, Sleman.

Kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Strategi Pengasuhan Anak dan Self Regulated Learning Solusi dan Harapan atau Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 untuk Orang Tua Murid dan Guru’. Selaku  narasumber Dr Muhammad Zuhaery, MA dan Dr Achadi Budi Santoso MPd dari UAD Yogyakarta.

“Berlangsungnya Pembelajaran secara daring di masa Pandemi Covid-19 diharapkan pola asuh orang tua dan guru meningkat dan memahami anak secara utuh sehingga melahirkan Self Regulated Learning atau kemandirian anak atau siswa dalam pembelajaran secara mandiri,” terang Muhammad Zuhaery, Senin (21/6/2021). Kegiatan itu sendiri berlangsung pada Jumat lalu.

Dikatakanya, pada kesempatan ini ditawarkan pula 7 tips pengasuhan dan pendidikan anak di era digital yang ditujukan bagi murid maupun guru. “Berikan asuhan dan didikan anakmu dengan agama dan penuh kasih sayang, berikan tauladan dan conyoh yang baik, berikan batasan waktu penggunaan gadget, berikan waktu luang pendampingan san jangan pernah menggunakan gadget sebagai alat penenang emosi anak, berikan zona bebas teknologi di rumah, bekerjasama dengan guru di sekolah dan berikan asuhan dan didikan kepada anakmu terus menerus tanpa bosan dan putus asa,” tutur dia.

Achadi Budi Santoso menambahkan, self regulated learning (SRL) menjadi salah satu model pembelajaran efektif yang dapat mempersiapkan siswa menjadi pribadi yang mandiri di masa mendatang.

“Saya kira model pembelajaran SRL ini perlu terus disosialisasikan  khususnya di tingkat sekolah dasar, terlebih lagi di masa pandemi ini dimana siswa terpaksa harus belajar dari rumah masing-masing,” ungkapnya.

Salah satu pengajar SD Muhammadiyah Gondanglegi Utma Masniyati Saniya, SPdi MPd menyatakan sangat mengapresiasi dan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada UAD Yogyakarta yang telah menggelar Program Pelatihan Strategi Pengasihan Anak dan Self Regulated Learning ini.

“Dengan harapan dapat memberikan pencerahan kepada orang tua wali dan guru dalam mendampingi anak-anak dalam pembelajaran daring ini sehingga mampu menciptakan inovasi yang mampu mengubah learning loss menjadi learning gain,” katanya. (*/Eko Purwono)

 

 

 

 

 


share on: