SMA Muhi Gelar Refreshing Ideologi dan Outbond GTK

share on:
Peserta dan narasumber Refreshing Ideologi Muhammadiyah dan Outbond tahun ajaran 2021/ 2022,u-Minggu (25-26/6/2022), di D’Kaliurang Resort & Convention, Hargobinangun, Pakem, Sleman || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Refreshing Ideologi Muhammadiyah dan Outbond tahun ajaran 2021/ 2022,u-Minggu (25-26/6/2022), di D’Kaliurang Resort & Convention, Hargobinangun, Pakem, Sleman DIY.

Ketua Panitia, Tri Hari Nurdin MPd mengungkapan, kegiatan 130 guru dan tenaga kependidikan (GTK). “Kegiatan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 mereda,” ujarnya, Senin (27/6/2022).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Marwoto Hadi Nugroho MPd, yang dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir dalam mengelola Amal Usaha Muhammadiyah.

“SMA Muhi Yogya sebagai sekolah unggulan Muhammadiyah dalam melahirkan kader Muhammadiyah dan pemimpin bangsa akan terwujud dengan diawali dari kualitas guru dan tenaga kependidikan yang dimilikinya,” katanya.

Kepala Sekolah Muhi Yogya, Drs H Herynugroho MPd mengingatkan kepada seluruh GTK untuk terus meningkatkan komitmen dan mutu layanan agar semakin baik. Semakin banyaknya sekolah Islam modern yang berkembang menuntut setiap GTK untuk terus berinovasi dengan berbagai program baru agar sekolah tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat. 

Kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama tentang kepribadian Muhammadiyah hadirkan narasumber Direktur Sumber Daya Insani dan Al Islam Kemuhammadiyahan PKU Muhammadiyah Yogyakarta H Muhammad Ikhwan Ahada Sag MA.

Menurut Ikhwan, Muhammadiyah telah menyediakan 3 ladang ibadah bagi para kader. Masing-masing Pendidikan, Kesehatan dan Kemanusiaan. “Setiap kader Muhammadiyah untuk tidak mengikuti kegiatan yang menyimpang dari cita–cita hidup Muhammadiyah dan ideologi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Materi pada sesi kedua disampaikan oleh Paryanto Rohma Mag selaku anggota Majelis Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Materi yang Ia sampaikan adalah tentang komitmen kader dalam mengembangkan amal usaha Muhammadiyah. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok untukdiminta menuliskan komitmennya untuk memajukan SMA Muhi tercinta.

Pada akhir sesi kedua ini, perwakilan kelompok menyampaikan berbagai komitmennya untuk disetujui bersama. Pukul 15.30–17.00 dilaksanakan materi ketiga tentang Islam Washatiyah oleh Dosen Ilmu Hadist UAD Hatib Rahmawan MAg.

Hatib memaparkan konsep Islam Washatiyah yang artinya adalah ajaran Islam yang mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat, dan proporsional. Warga Muhammadiyah dituntut untuk berpikir moderat dalam semua aspek kehidupan.

Dipaparkan tentang berbagai pandangan Islam radikal dan Islam liberal agar peserta mampu menjauhinya. Materi sesi terakhir tentang internasionalisasi Muhammadiyah disampaikan pukul 19.30–22.00 oleh Muhammad Aziz ST MCs yang saatini sebagai mahasiswa S3 di Hohai University sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Tiongkok.

Ia utarakan berbagai kemajuan Tiongkok dari aspek Pendidikan, Kesehatan, dan kebudayaannya. Ada beberapa hal yang perlu dicontoh dari negara yang mayoritas atheis ini diantaranya tentang kejujuran, komitmen, inovasi, dan kerja keras. Diharapkan nilai–nilai positif tersebut dapat ditiru oleh peserta untuk kemajuan SMA Muhi.

Ahad pagi 26 Juni 2022 dilaksanakan kegiatan outbond secara sederhana di halaman penginapan. Kegiatan outbond ini selain untuk refreshing juga bertujuan untuk edukasi dan pelatihan agar peserta bisa bekerja dengan lebih produktif. Diharapkan para peserta bisa semakin kompak dan mengenal diantara sesama guru dan tenaga kependidikan. Pada sesi terakhir outbond dilaksanakan kegiatan pelepasan balon harapan oleh peserta outbond. Balont ersebut sebagai simbol doa dan harapan seluruh GTK untuk kemajuan SMA Muhi tercinta. Kegiatan refreshing ideologi dan outbond ini diakhiri pada Ahad siang dengan foto Bersama. (*)

 

 

 

 


share on: