Rektor Berharap KKN UAJY Mampu Kembangkan Produk Daerah

share on:
Pementasan seni program kerja mahasiswa KKN UAJY

Yogyapos.com (GUNUNG KIDUL) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KKN UAJY) menyelenggarakan pameran hasil pengelolaan potensi lokal dan program kerja mahasiswa.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-seorang-terduga-teroris-diringkus-oleh-tim-densus-88-di-dukuh-jetis-jogopaten-9496

Kepala Humas, Sekretariat dan Protokol  UAJY Rebekka Rismayanti mengatakan kegiatan dilaksanakan pada lokasi yang tersebar di 8 kalurahan, terdiri dari 88 padukuhan di wilayah Kapanewon Ponjong.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-servis-arloji-usaha-jasa-anti-mainstream-hingga-kini-9485

“KKN UAJY sudah memasuki angkatan ke-82 dengan mengirimkan mahasiswa ke Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul pada Rabu 18 Januari 2023 lainnya dikirim ke Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat,” kata Rebekka Rismayanti dalam keterangan tertulis, Minggu (22/1/2023)

Dijelaskan dalam event pameran ini turut hadir Rektor UAJY, Prof Yoyong Arfiadi, Wakil Rektor I Sushardjanti Felasari, Ketua LPPM UAJY Prof Suyoto dan sejumlah perangkat kalurahan di Kapanewon Ponjong.

Ketua LPPM,  Suyoto mengatakan terdapat lima macam program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-ukdw-gelar-workshop-riset-pemberdayaan-kerjasama-umat-muslimkristen-9477

“Terdapat lima bidang dalam program kerja yang digarap oleh mahasiswa yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang kewirausahaan, bidang sosial budaya dan program kerja individu sesuai dengan fakultas masing-masing,” kata Suyoto.

Hasil dari lima bidang dalam program kerja tersebut, lanjutnya, dipamerkan secara serentak dalam kegiatan pameran KKN ke -82, dengan mengusung tema  ‘Re Kreasi, Kembali Berekspresi Pasca Pandemi’.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-imlek-26-napi-penganut-konghucu-peroleh-remisi-9493

Rektor UAJY, Yoyong Arfiadi berharap dengan adanya mahasiswa KKN dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi daerahnya. Sehingga dapat membawa kemajuan dan kemanfaatan bagi masyarakat di derah tempat mahasiswa menjalani KKN.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-seorang-terduga-teroris-diringkus-oleh-tim-densus-88-di-dukuh-jetis-jogopaten-9496

“Pandemi sudah berlangsung kurang lebih selama tiga tahun, banyak kegiatan dibatasi, sehingga baru saat ini UAJY dapat menerjunkan 900 mahasiswa untuk KKN. Kami berharap kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN dapat menggairahkan semangat masyarakat di daerah Kapanewon Ponjong,” jelas Yoyong.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-stiepar-api-yogyakarta-siapkan-ahli-mice-9447

Sementara itu Asisten Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir Edi Praptono menyampaikan bahwa Kabupaten Gunung Kidul bersama masyarakat juga sedang dalam proses dan memacu diri dalam pembangunan segala bidang.

“Sehingga adanya pameran hasil karya KKN 82 UAJY membuktikan banyak potensi di Kapanewon Ponjong yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-mes-diy-ditantang-ikut-mengatasi-kemiskinan-di-yogyakarta-9490

Pameran ditutup dengan acara panggung hiburan rakyat dan pentas seni dari masyarakat Kapanewon Ponjong maupun mahasiswa UAJY. Kegiatan pentas seni yang melibatkan masyarakat menjadi sebagai salah satu cara untuk mendorong potensi daerah dan kearifan lokal pada bidang seni budaya. (*/Opo)

 

 

 


share on: