Ratusan Pemanjat Tebing Ramaikan Festival Panjat Tebing Anak Nusantara 2022

share on:
Aksi anak-anak dalam Festival Panjat Tebing Anak-anak 2022 di Mandala Kridha Yogyakarta || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Ratusan pemanjat tebing dari berbagai daerah di Indonesia  meramaikan ajang Festival Panjat Tebing Anak Nusantara yang diinisiasi Nusantara Sport Climbing, di Kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Rabu (29/6/2022). Event ini akan berlangsung hingga 2 Juli 2022.

Co-Founder Nusantara Sport Climbing Fitriyani, mengungkapkan selain untuk mengisi libur sekolah, festival ini digelar untuk menarik minat masyarakat, klub, dan penghobi panjat tebing ke dalam dunia panjat tebing. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak mereka untuk ikut serta dalam acara ini, untuk menjalin tali silaturahmi, bermain bersama, dan meraih prestasi setinggi-tingginya

Festival Panjat Tebing Nusantara ini dikemas dalam konsep fun climbing dengan dua nomor yang dilombakan yakni speed klasik dan boulder. Akan ada tiga kategori usia dalam festival ini yakni 6-9 tahun, 10-12 tahun, dan 13-15 tahun. Untuk usia 6-9 tahun dan 10-12 tahun nomor yang dilombakan yakni speed klasik perorangan dan beregu serta boulder perorangan dan beregu.

“Sementara, untuk kategori usia 13-15 tahun, nomor yang dilombakan yakni perorangan saja baik speed klasik maupun boulder,” ujar Fitriyani dalam siaran pers yang diterima yogyapos.com, Rabu (29/6/2022).  

Ditambahkan Fitriyani, sampai hari ini tercatat sebanyak 310 anak-anak yang siap  meramaikan Festival ini. Adapun Tim Panjat Tebing yang sudah mendaftar di antaranya FPTI Papua, Kawi Sport Climbing Malang, Manjat Climbing Gym Bandung, Phyxius Surabaya, Tlaten Sekolah Panjat Temanggung, FPTI Kota Blitar, FPTI Badung Bali, Gadjah Mada Climbing Club, dan masih banyak lagi

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP FPTI Caly Setyawan dalam sambutannya menyebut, festival ini merupakan ajang untuk pesta bagi anak-anak yang menyenangi olahraga panjat tebing. Hadiah dan gelar juara hanya menyertai.

“Pembinaan prestasi anak usia dini paling tepat dilakukan di level akar rumput dengan cara-cara yang menyenangkan bagi anak. Dan, yang dilakukan Festival Panjat Tebing Anak Nusantara ini adalah contoh nyata. Meskipun tidak mendapat support dari FPTI secara finansial namun, tetap berjalan,” tambah Caly.

Pada Festival ini, ada tiga kategori usia yakni 6-9 tahun, 10-12 tahun, dan 13-15 tahun. Untuk usia 6-9 tahun dan 10-12 tahun. Nomor yang dilombakan yakni speed klasik perorangan dan beregu serta boulder perorangan dan beregu. Sementara, untuk kategori usia 13-15 tahun, nomor yang dilombakan yakni perorangan baik speed klasik maupun boulder.

Untuk hari pertama penyelenggaraan sudah dilangsungkan kualifikasi nomor boulder perorangan dan beregu usia 6-9 putra-putri serta nomor boulder perorangan dan beregu usia 10-12 putra-putri. (*/Sulistyawan Ds)

 

 


share on: