Raker PGRI Salam Carangkan Ragam Program Peningkatan Profesionalitas

share on:
Peserta Raker PGRI Salam Magelang tampak terlibat aktif dalam setiap sesi pembahasan program || YP-Akhir Lusono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Magelang Haji Susno SPd MPd mengatakan bahwa kehadiran PGRI diharapkan mampu memberikan bantuan kepada para guru dalam memperdalam kembali profesinya.

Ia menyatakan hal tersebut dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja (Raker) PGRI Kecamatan Salam Magelang, di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya Jl Kaliurang Sleman, baru-baru ini.

“Kami harapkan PGRI sanggup meningkatkan untuk mendorong para guru memperdalam ilmu dan kemampuannya,” harap Susno.

Raker ini dihadiri 21 peserta yang terdiri dari seluruh pengurus PGRI kecamatan Salam, Korwil Kecamatan Salam, Ketua KKKS Kecamatan Salam dan 2 orang guru sebagai pemantau

Dalam Raker ini pengurus mencoba menjabarkan kegiatan dari masing-masing seksi bidang berjumlah 14 yaitu Kabid Organisasi dan Kaderisasi, Kabid Pengembangan Profesi, Kabid Pengembangan Karir, Kabid Penegakan Kode Etik, Kabid Advokasi, Bantuan Hukum, dan Perlindungan Profesi, Kabid Penelitian, Kabid Kerjasama dan Pengembangan Usaha, Kabid Kesejahteraan dan Ketenagakerjaan, Kabid Pemberdayaan Perempuan, Kabid komunikasi dan Informasi, Kabid Olahraga, Kabid Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa, Kabid Seni dan Budaya, Kabid Pengabdian Masyarakat.

PGRI Cabang Salam memiliki anggota yang sangat heterogen. Anggota PGRI kecamatan yang terdiri dari semua tingkatan pendidikan mulai dari SD, SMP, SMK, dan Kemenag sehingga dalam kepengurusannya meliputi segenap unsur dari semua tingkatan pendidikan yang ada di wilayah Salam tersebut.

Dalam memulai pembahasan program, panitia mencoba memberikan peran besar bagi setiap seksi bidang untuk menentukan program selama lima tahunkedepan 2021-2025. Semua bidang diberikan waktu untuk memperoleh gambaran dan menentukan macam program. Sekbid kemudian melakukan presentasi program di dalam pleno untuk mendapatkan persetujuan secara musyawarah mufakat.

Hasilnya kemudian dirumuskan beberapa kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan oleh PGRI Kecamatan Salam dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Beberapa kegiatan tersebut antara lain kegiatan bakti sosial, lomba seni, pelatihan PAK, pelatihan TIK, pembuatan website danjuga study banding. Kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan secara terjadwal oleh masing-masing seksi bidang yang bertanggung jawab. Semoga segala upaya PGRI kecamatan salam ini membawa dampak positif bagi kemajuan Pendidikan khususnya di kecamatan Salam.

Raker Kecamatan Salam ini mengambil tema ‘Profesionalitas Guru Kedepankan Keikhlasan’, sesuai dengan tugas guru sebagai pelayan terhadap peserta didik yang tidak mengenal waktu, terlebih dimasa pandemi seperti sekarang. 

Diharapkan dengan kepengurusan PGRI tahun 2021-2025 ini, pengurus bisa mengayomi semua guru tanpabatas dan tanpa sekat baik PNS bukan PNS. PGRI Salam mencoba memberikan ruang bagi semua profesionalitas guru tanpa pandang status kepegawaian untuk berkarya. (Akhir Lusono)

 

 

 


share on: