PT Angkasa Pura I Selenggarakan Vaksinasi Tahap 2 Komunitas Bandara Adisucipto

share on:
Pelaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua untuk Komunitas Bandara Adisutjipto di Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Vaksinasi di lingkungan bandar udara (bandara) penting dilakukan untuk menambah keyakinan para pengguna jasa bandara. Namun begitu, seluruh pihak harus tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) walaupun sudah divaksin.

Dengan adanya vaksinasi di lingkungan bandara ini tentunya akan menumbuhkan rasa aman bagi para pengguna jasa bahwa petugas bandara yang melayani sudah divaksin. Ditambah dengan disiplin prokes yang harus tetap diprioritaskan dalam melayani para pengguna jasa bandara.

Hal itu ditegaskan General Manajer (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Marsma TNI Agus Pandu Purnama saat memantau jalannya pelaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua untuk Komunitas Bandara Adisutjipto, di Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Kamis (8/4/2021). Turut Hadir Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman dr Joko Hastaryo MKes. Sebanyak 854 peserta penerima Vaksin Sinovac ini berasal dari 10 instansi dan stakeholder yang berada di lingkungan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Penyelenggaraan kegiatan vaksinasi di Bandara Adisutjipto dilakukan dua minggu setelah pemberian dosis pertama pada tanggal 25 Maret 2021 lalu. Pelaksanaan Vaksinasi Komunitas Bandara Adisutjipto ini merupakan kerjasama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Yogyakarta, dan Dinkes Kabupaten Sleman sebagai pihak pelaksana.

“Dapat kami sampaikan bahwa penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua di Bandara Adisutjipto telah berjalan dengan lancar. Ini merupakan wujud komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam rangka Mencegah Penularan Covid-19 dan turut menyukseskan Program Vaksinasi,” Ucap Agus Pandu Purnama.

Setelah Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama pada waktu lalu, terjadi peningkatan trafik di Bandara Adisutjipto dan terutama di Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang cukup signifikan sebesar 40%. Ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap jasa kebandarudaraan juga meningkat.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah Vaksinasi Tahap Dua ini, masyarakat bisa semakin yakin dengan transportasi udara,” ujar Agus Pandu Purnama. 

Pandu menuturkan, walaupun terjadi antrean panjang, namun peserta Vaksinasi tampak antusias untuk divaksin. Beberapa petugas bersiaga dan selalu mengingatkan agar prokes tetap dijalankan.

Vaksinasi diberikan tidak hanya kepada personel Angkasa Pura saja. Namun, juga kepada stakeholder di Bandara Adisutjipto dari berbagai instansi seperti KKP, Perum LPPNPI Airnav Cabang Yogyakarta, Dinas Perhubungan, Balai Karantina Ikan dan Pertanian, Imigrasi, Bea Cukai, Pertamina, dan seluruh karyawan dari Airlines.

“Dan, 224 pegawai dari PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto yang divaksin meliputi personel Frontliner yakni petugas Aviation Security, Customer Service Officer, Terminal Service Officer, petugas Airport Rescue and Fire Fighting, dan petugas Administrasi,” ungkap Agus Pandu Purnama.

Agus Pandu Purnama mengakui, antusiasme para peserta vaksin sangat besar. Sempat terjadi antrean yang mengular dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Hal ini disebabkan animo yang cukup besar dari para peserta. Pasalnya, semua penerima sasaran vaksin di Bandara Adisutjipto ingin segera mendapatkan Vaksin Covid-19 tahap kedua ini.

“Namun, hal itu tetap bisa diantisipasi dengan baik oleh para petugas, untuk tetap menjaga jarak sesuai dengan prokes. Kegiatan berlangsung lancar dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menyemprotkan hand sanitizer, dan Mencegah kerumunan dengan Menjaga jarak dan Membatasi mobilitas dan interaksi (3M),” imbuhnya.

Selama jalannya vaksinasi, Agus Pandu Purnama memastikan bahwa pelayanan di bandara tidak terganggu. Sebab, pembagian kerja sudah dilakukan dan diatur sesuai dengan shift yang ada.

“Jadi sudah dibagi, tidak mengganggu operasional bandara. Semua petugas ini bergantian. Jadi sebagian tetap melaksanakan tugasnya di terminal untuk melayani para pengguna bandara ini. Jadi tidak ada masalah untuk operasional tetap dilaksanakan,” terang Agus Pandu Purnama.

Pandu yang juga menjabat sebagai PTS GM YIA ini, juga sudah mengagendakan vaksinasi untuk tahap kedua di YIA. Pihaknya masih berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai pelaksanaan itu.

“Semua harus divaksinasi karena ini merupakan program pemerintah dan kita harus mendukung. Di YIA sendiri akan lebih banyak yang divaksin, sekitar 1.440 orang. Kami ucapkan terima kasih kepada Dinkes Kabupaten Sleman dan KKP Yogyakarta atas penyelenggaraan kegiatan vaksinasi terhadap Komunitas Bandara Adisutjipto yang telah berjalan aman dan lancar. Kami harap pelaksanaan vaksinasi ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi udara dan tidak mengendorkan semangat kita untuk tetap menerapkan prokes di tengah Pandemi Covid-19,” jelas Agus Pandu Purnama. (*)

 

 

 

 

 


share on: