Progres Pembangunan Jembatan Kretek 2 Tembus 52 Persen

share on:
Progres Jembatan Kretek 2 terpantau dari udara || YP-Ist

Realisasi pembangunan Jembatan Kretek 2 kini telah mencapai 52,18 persen. Konstruksi Jembatan tersebut akan menghubungkan ruas jalan baru yaitu Samas-Kretek dan Kretek Parangtritis di Kabupaten Bantul DIY. Membentang di atas muara Kali Opak di kawasan Pantai Depok dan Pantai Parangtritis yang nantinya bakal membuka akses Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang saat ini tengah dibangun.

“Update terakhir progres pembangunan Jembatan Kretek dua telah mencapai 52,18 persen,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) wilayah DIY Kementerian PUPR, Julian Situmorang, Jumat (22/10/2021) menjawab konfirmasi yogyapos.com.

Menurut dia, proyek akan diselesaikan dengan sistem pembiayaan multiyears selama 2 tahun.

“Saat ini pekerjaan yang sedang berlangsung diantaranya, erection girder, oprit jembatan dan pekerjaan AC-BC,” terang dia.

Ditambahkannya, target masa pelaksanaan proyek digarap selama 24 bulan dan sesuai kontrak pekerjaan akan rampung pada Januari 2023 dengan nilai kontrak Rp 364 miliar, dikerjakan oleh dua kontraktor pelat merah yakni PT.Wijaya Karya (Persero) dan PT.Hutama Karya (Persero).

“Dengan panjang jembatan 2.015 meter dan lebar 24 meter, terdiri jembatan utama sepanjang 340 meter dan jembatan pendekat membentang sejauh 216 meter,” imbuh dia. (Opo)

 

 

 


share on: