Ponpes Bumi Cendikia Berhasil Panen Bawang Merah

share on:
Kepala Baznas RI Bidang Pendistribuan dan Pendayagunaan Saidah Sakwan saat memberikan sambutan pada panen bawang merah di Ponpes Bumi Cendikia Yogyakarta, Senin (11/9/2023) sore || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pondok Pesantren Bumi Cendikia Yogyakarta berhasil panen bawang merah di Lumbung Pangan, Tirtoadi, Sleman, Senin (11/9/2023) sore.

Kegiatan panen yang dipimpin Kepala Baznas RI Bidang Pendistribuan dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, dihadiri dihadiri Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Seusai dilaksanakan kegiatan panen bawang merah, Saidah Sakwan menyampaikan hasil petani Sleman di kawasan Tirtoadi dikatakan berhasil. Hal ini dinilai berdasarkan beberapa indikator keberhasilan.

“Indikatornya harga jual bisa di atas HPP dan produksinya dilihat dari sisi komposisi dan presentase. Jadi ini piloting, karena baru 50 mustahik dan baru satu desa yang kita kembangkan. Insya Allah kalau ini bagus akan kita replikasi di desa yang lain,” jelas Saidah.

 BACA JUGA: Ini Beberapa Kendala yang Sering Dihadapi Pengusaha Konstruksi 

BACA JUGA: Babinsa Harus Cerdas, Banyak Ide dan Inovatif

Saidah menambahkan, salah satu target program ini adalah menjadikan Kabupaten Sleman menjadi sentra bawang merah. Dengan begitu, dapat pula menjadi pilar bagi penguatan lumbung pangan secara nasional. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan petani agar mendapatkan kehidupan yang lebih berkualitas.

Launching Lumbung Pangan Sleman || YP-Ist

Bupati Kustini merasa bangga atas keberhasilan petani Tirtoadi dalam melakukan panen raya bawang merah. Juga disampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan bantuan melalui kegiatan tersebut. Kerjasama ini, dikatakan Bupati sebagai pemacu motivasi bagi para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian Sleman.

BACA JUGA: Tiga Proyek Padat Karya di Sleman Diresmikan, Warga Diimbau Ikut Merawat

“Hasil panen ini tentunya semakin memotivasi kelompok petani untuk meningkatkan produksi pertanian komoditas bawang merah di Kabupaten Sleman. Terlebih lagi lahan pertanian di wilayah Sleman ini relatif subur dan irigasinya tidak mengalami kesulitan,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan kepada petani, agar melakukan manajemen yang baik. Sehingga diharapkan harga komoditas bawang merah akan stabil dan produknya selalu tersedia dipasaran dalam jumlah yang mencukupi. Kegiatan Panen Bawang Merah Lumbung Pangan Sleman,merupkan hadil kerjasama Baznas RI, Pompes Bumi Cendikia dan PT Evelasi Agri Indonesia (Elevram) dalam merealisasikan pilot project untuk 50 mustahik (penerima zakat) di Kalurahan Tirtoadi dengan komoditas bawang merah. (*/Agn)

 


share on: