Tiga Proyek Padat Karya di Sleman Diresmikan, Warga Diimbau Ikut Merawat

share on:
Bupati Kustini memotong pita menandai peresmian proyek Padat Karya, di Padukuhan Pisangan, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Senin (11/9/2023) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) – Tiga proyek Padat Karya APBD 2023 di Padukuhan Pisangan, Kalurahan Tridadi, Padukuhan Pojok, Kalurahan Wonokerto, dan Padukuhan Kalirase, Kalurahan Trimulyo, yang telah selesai sejak beberapa waktu lalu kini diresmikan dengan ditandai pemotongan pita oleh Bupati Kustini di Padukuhan Pisangan, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Senin (11/9/2023).

Kustini mengapresiasi keterlibatnya seluruh warga dalam pelaksanaaan kegiatan Padat Karya Padukuhan Pisangan, masing-masing 3 orang wanita, 1 difabel diantara 52 pekerja Padat Karya di Padukuhan Pisangan.

BACA JUGA: Kantor Hukum Heru Sulistyo & Rekan Dukung Peringatan Hari Ozon Internasional di Berbah

BACA JUGA: RSUP Dr Sardjito akan Beri Imbalan Jasa Layanan untuk Peserta PPDS

Menurutnya sebagai wujud kekompakan kesungguhan warga dalam memakmurkan wilayahnya. Masyarakat diharapkan dapat menjaga serta merawat hasil kegiatan Padat Karya agar dapat dinikmati dalam waktu jangka panjang. Pemkab Sleman memiliki kebijakan tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan Padat Karya. Pemkab Sleman menerapkan pengerjaan kegiatan Padat Karya dilakukan oleh masyarakat. Sehingga, program ini dapat sekaligus menjadi pemasukkan tambahan bagi warga yang menganggur atau setengah menganggur.

Kustini meninjau proyek padat karya yang baru saja diresmikannya || YP-Ist

“Jadi dikerjakan oleh masyarakat dan hasilnya nanti juga dinikmati masyarakat. Biasanya, jika dikerjakan sendiri akan timbul rasa handarbeni atau rasa memiliki. Sehingga fasilitas ini akan lebih terawat,” jelas Kustini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman mengutarakan, kegiatan Padat Karya APBD 2023 dilakukan di 17 lokasi dengan melibatkan 52 orang pada masing-masing titik. Program ini mendapatkan dana APBD Sleman dan Dana BKK Pokir DPRD DIY sebesar Rp 159. 922.000 untuk setiap lokasinya.

BACA JUGA: Survey SDI Sleman Libatkan 900 Responden

BACA JUGA: Chitra Raspati Rilis Single 'Pilu' Langsung Jadi Original Soundtrack Film Sang Superstar

Sutiasih menambahkan, pada Padukuhan Pisangan, Tridadi, diresmikan talud makam, untuk Padukuhan Pojok, Wonokerto, diresmikan talud jalan. Sedangkan di Padukuhan Kalirase, Trimulyo diresmikan cor blok dan talud. Ia pun berharap, program ini dapat ikut mensejahterakan masyarakat.

“Semoga di dalam kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya pekerja di lokasi. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kesempatan bekerja kepada penganggur dan setengah penganggur, sehingga pekerja bisa mendapatkan upah atau pendapatan. Dengan begitu, kegiatan ini bisa ikut mensejahterkan masyarakat,” pungkas Kepala Dinas Tenaga Kerja Sleman. (*/Agn)

 


share on: