Pembangunan Embung Sendangtirto Menuju Finishing

share on:
Tanaman Tabebuya sudah nampak di area Embung Sendangtirto || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pembangunan Embung Sendangtirto di Kapanewon Berbah tinggal menyisakan pekerjaan finishing sarana pendukung. Pelaksana proyek tengah menyelesaikan target pekerjaan agar dapat diselesaikan sebelum 21 Oktober 2021 atau sesuai target masa kontrak.

Salah satu siasat yang ditempuh oleh Kontraktor Pelaksana PT Dwi Daya Lestari, yakni dengan dikerahkan tambahan tenaga kerja.

“Untuk mengejar target pekerjaan kita tambah jumlah tenaga, yang biasanya dikerahkan 80 orang, maka saat ini kami tambah 10 orang. Untuk pelaksana yang biasanya 1 orang kita tambah menjadi 4 orang, mandor yang sebelumnya 4 orang saat ini menjadi 7 orang,” terang Site Manager Kontraktor Pelaksana PT Dwi Daya Lestari, Hadi Wira, Selasa (12/10/2021).

Sejumlah pekerjaan yang tersisa, kata dia, diantaranya berupa pengecetan, pengelasan dan plester. Progres pengerjaan telah menembus angka 88 persen dan bangunan fisik embung hampir rampung.

“Material berupa kursi berbahan besi dan kayu jati sebanyak 34 unit sudah datang sudah siap dipasang, lalu sedang proses pemasangan tiang lampu sebanyak 54 titik. Lalu penyelesaian gazebo besar, toliet sebanyak dua unit dan pengerjaan rumah jaga pemasangan instalasi listrik, daya yang dipasang 2.200 VA,” katanya.

Sedangkan progres penanaman pohon perindang jenis Tabebuya sudah dilaksanakan dengan menanam sebanyak 90 pohon."Pohon Tabebuya sudah ditanam di area embung dan di jalan akses masuk,"imbuh dia.

Dirinya berharap keberadaan bangunan embung Sendangtirto senilai lebih dari Rp 8 miliar ini dapat mensuplai kebutuhan air irigasi pertanian dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. (Opo)

 

 

 

 


share on: