Pantauan Forpi Yogya, Prokes Dijalankan Ketat Saat PPDB

share on:
Panitia PPDB sebuah SMPN di Yogya jalankan prokes secara ketat || YP-Baharuddin Kamba

Yogyapos.com (YOGYA) - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 tingkat SMP Negeri pada jalur zonasi mutu, zonasi afirnasi dan prestasi luar daerah, pada hari kedua pelaksaan PPDB, Rabu (23/6/2021).

Pemantauan pada hari kedua pelaksaan PPDB pada tiga jalur tersebut untuk memastikan protokol kesehatan dijalan secara maksimal selain pengunaan Kartu Menuju Sejahtera  (KMS) harus lah tepat sasaran.

Adapun dua SMP Negeri yang dipantau yakni SMPN 5 dan SMPN 6 Kota Yogyakarta. Di SMPN 6 Kota Yogyakarta kuota jalur afirmasi sebanyak 25 siswa, yang dikhususkan bagi penduduk Kota Yogyakarta tidak mampu serta terdata dalam keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial dengan identitas KMS.

Hingga pukul 11.00 WIB jumlah pendaftar jalur afirmasi di SMPN 6 Kota Yogyakarta sebanyak 29 siswa. Artinya sudah melebihi jumlah kuota yang tersedia. 

Salah satu orang tua siswa yang ditemui merasa bingung dengan hasil cetak atau print bukti verifikasi jalur mutu karena tertulis jenis kelamin anaknya yakni laki-laki sementara anaknya perempuan.

Sementara itu kuota jalur afirmasi di SMPN 5 Kota Yogyakarta sebanyak 35 siswa. Pada saat pemantauan dilakukan jumlah pendaftar dijalur afirmasi ini baru 10 siswa.

Dari hasil pemantauan Forpi Kota Yogyakarta pada hari kedua pelaksaan PPDB pada tiga jalur ini tidak ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan. Artinya prokes dijalankan secara ketat. 

Begitupun dengan pemegang KMS tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan.  

Forpi Kota Yogyakarta berharap  kepada masyarakat Kota Yogyakarta khususnya pemegang KMS adalah benar-benar layak menerima. Jangan sampai salah sasaran dengan pura-pura atau mengaku miskin. Mental 'memiskinkan diri' haruslah dihilangkan. 

Pada pelaksanaan PPDB pada hari terakhir besok Kamis (24/6/2021) Forpi Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan di SMPN 3 Kota Yogyakarta, SMPN 12 san dan SMPN 14 Kota Yogyakarta. (Baharuddin Kamba Anggota Forpi Kota Yogyakarta)

 


share on: