MAN 1 Bantul Terus Bertekad Ujudkan 'Citra Mandiri' di Tengah Pandemi

share on:
Andul Gofur aktif mendampingi para guru melakukan pengajaran sistem daring || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pandemi Covid-19 tak menyurutkan tekad para pengampu Madrasan Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Bantul mewujudkan visi terbentuknya siswa cerdas, Islami, terampil, rajin, amanah dan mandiri (Citra Mandiri).

"Meski ada Covid-19 dan kami dalam melakukan proses belajar mengajar juga dengan membergunakan sistem daring sesuai dengan keterentuan dari pemerintah, namun tetap berupaya mewujudkan visi Citra Mandiri,” kata Kepala MAN I Bantul, Abdul Ghofir SAg MPd didampingi Wakil Madrasah Bidang Kurikulum Heni Prilantari MPd, di sela melakukan proses belajar mengajarsitem daring, Rabu (22/7/2020).

Abdul Gofur mengungkapkan, untuk merealisasikan visi ini maka para siswa diberikan ketrampilan berupa multi media, tata busana, membatik, menjahit dan otomotif. Karena proses belajar mengajarnya saat ini masih mempergunakan daring, tetapi sebelum ada Covid-19 pemberian materi ketrampilan itu sudah dilakukan sejak bertahun-tahun dan setelah keadaan normal kembali dan para siswa belajar dengan sistem tatap muka, maka nantinya pemberian keterampilan akan dilakukan lagi seperti semula.

"Mengenai pelaksanaan PBM daring di MAN I Bantul banyak kendala. Yang pertama tidak semua siswa siswi tercukupi alat komunikasi, kebereratan untuk pengadaan kouta (pulsa) dan rumahnya tidak terjangkua jaringan internet,” katanya.

Dijelaskan, itu terjadi karena para siswa umumnya berasal dari keluarga yang tingkat perekonomiannya relatif lemah. Sehingga mereka merasa sangat terbebani dalam hal pengadaan alat komunikasi (ponsel) dan pulsa untuk mengukuti daring. 

Itu sebabnya, untuk meringankan beban para siswa yang benar benar kurang mampu,  pihak sekolah sudah memberikan subsidi kepada sebagian mereka dengan skala prioritas.

Tentang kesiapan para guru dalam melaksanakan PMB secara daring, pada umumnya relatif sudah siap melalui berbagai cara diantaranya whatsapp dan zoom.

Menjawab pertanyaaan tentang prestasi akademik dan non akademik MAN Bantul, Aldul Ghofir mengatakan diantaranya tujuh siswa lulusan Tahun Ajaran 2019/2020 yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan presrasi non akedemiknya adalah terutama bidang olahraga. Di bidang seni pernah juara nasional Festival Hadroh Tingkat Nasional untuk MA dan SMA pada tahun 2017 yang berlangsung di Bantul. (Supardi)

 

 

 


share on: