Mahasiswa UIN Salatiga Ikuti PPL di Tiga Desa Wisata Sleman

share on:
Mahasiswa UIN Salatiga dan Dosen Pembimbing yang mengikuti PPL di Desa Wisata Sejarah Kelor, Desa Ekowisata Pancoh dan Desa Wisata Edukasi Nganggring Sleman, Selasa (2/8/2022) || YP-Wahjudi Djaja

Yogyapos.com (SLEMAN) - Mahasiswa UIN Salatiga Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora (FUADAH) Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) diterjunkan ke tiga desa wisata di Kabupaten Sleman. Mereka akan menjalani Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) selama delapan pekan. Harapannya agar mahasiswa memiliki pengalaman empiris dengan berinteraksi dengan masyarakat.

“Para mahasiswa datang pada Senin tanggal 1 Agustus 2022 dan akan tinggal di Sleman selama delapan pekan atau sampai 22 September 2022. Tiga desa wisata yang mereka pilih adalah Desa Wisata Sejarah Kelor, Desa Ekowisata Pancoh dan Desa Wisata Edukasi Nganggring,” ujar Drs Moh Iqbal Yusron MM selaku salah satu dosen pembimbing kepada yogyapos.com, Selasa (2/8/2022).

Lebih jauh disampaikan, penyerahan dilakukan di masing-masing desa wisata dengan jumlah 12 mahasiswa di setiap lokasi. “Selama delapan pekan mereka akan praktek pengenalan lapangan (PPL) tentang tata kelola desa wisata,” tandas Iqbal.

Di desa wisata Kelor, Bangunkerto, Turi penyerahan mahasiswa dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan Vanis Dehabi Salam dan Moh. Iqbal Yusron. Mereka diterima oleh Ketua Pengelola Purnomo bertempat di Pendopo Kelor. Sedang di desa wisata Nganggring, Girikerto, Turi penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Wahyu sebagai dosen pembimbing PPL dan diterima oleh Marimin serta Kepala Dukuh Sumijo di rumahnya.

Sedangkan di desa wisata Pancoh Girikerto Sleman, penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Sutrisno selaku Kaprodi dan Haryo Aji sebagai Dosen Pembimbing Lapangan di sekretariat desa wisata. Dari pihak Pancoh hadir  antara lain Ngatijan selaku Ketua Pengelola, Noto dan Menuk.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 88 Tahun 2022 yang diterbitkan pada 8 Juni 2022, Institut Agama Islam Negeri Salatiga resmi berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. UIN Salatiga mengemban visi Green Wasathiyyah Campus. Visi Green Wasathiyyah Campus bertujuan menjadi kampus ramah lingkungan dan berkesinambungan. UIN Salatiga memiliki 24 prodi S1 di lima fakultas dengan satu program khusus kelas internasional. Selain itu ada lima prodi pascasarjana jenjang magister/S2, dan satu prodi pascasarjana doctoral atau S3. (Iud)

 


share on: