Laboratorium FK UMY Jadi Rujukan Uji Covid-19

share on:
Hasil uji test Covid-19 selalu didiskusikan secara matang || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Laboratorium (Lab) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ditunjuk oleh pemerintah menjadi rujukan pengujian tes Covid-19. Sebelumya telah ditunjuk RSUP Dr Sardjito, BBTKL, RS UGM DIY, Balai Besar Vaterine Wates dan RSPAU Hardjolukito.

Dekan FK UMY Dr dr Wiwik Kusumawati MKes menjelaskan, Lab yang dijadikan rujukan adalah molecular medicine & therapy yang terdapat di Asri Medical Centre.

“Kami memiliki kualitas biosafety level 2 (BSL) yang mumpuni dalam pengujian sample Covid-19 di tahap PCR konvensional. Dengan fasilitas yang dimiliki, kami siap membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Bahkan belum lama ini kami dapat hibah bantuan dari pemerintah berupa PCR Realtime untuk memaksimalkan kinerja,” ungkap dr Wiwik dalam keterangan persnya, Kamis (25/6/2020).

Menurut dr Wiwik, PCR Realtime lebih canggih dalam pemeriksaan, dibanding yang konvensional. Hasilnya juga lebih valid dari rapid test. “Untuk hasil PCR realtime bisa didapat dua hari setelah pemeriksaan. Lebih cepat dari rapid test dan tingkat validasi juga lebih akurat. Semua mekanismenya sedang kami persiapkan. Dari hal teknis hingga koordinasi dengan stakeholder terkait,” pungkasnya. (Dol)

 

 


share on: