Kemenag Bantul Gencarkan Sosialisasi SKB 4 Menteri

share on:
Kepala Kemenag Bantul, Drs H Aidi Johansyah || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul menggencarkan sosialisasi Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang protokoler proses belajar mengajar (PBM) saat New Normal di madrasah-madrasah dan pondok pesantren (ponpes).

“Sosialisasi ini pada prinsipnya tentang protokoler belajar mengajar yang harus ditaati oleh madrasah dan ponpes pada saat new normal. Ini berlaku sejak awal Juli 2020. Semua wajib mentaati,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bantul, Drs H Aidi Johansyah kepada yogyapos.com, di ruang kerjanya, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya New Normal bidang pendidikan di madrasah dan ponpes mengikuti Panduan SKB 4 Menteri tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Untuk zona kuning, orange dan merah tidak boleh untuk tatap muka. Zona hijau boleh, namun dengan beberap persyaratan. Itu yang mencakup harus ada izin dari Kanwil Kemenag (untuk madrasah dan ponpes) atau izin dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (untuk sekolah umum).

Selain itu harus ada kesiagaan dari pihak madrasah untuk mentaati protokol kesehatan diantaranya pakai masker, cuci tangan dan  jaga jarak. Daya tampung akan dibagi dua sive atau akan akan dicarikan tempat untuk menampung guna melakuka jaga jarak itu.

“Sosialisasi sudah dilakukan oleh Kemenag melalui Surat Edaran, poster dan vedio. Atau melalui pertemuan langsung ketika petugas dari Kemenag hadir di madrasah dan ponpes. Ini sudah banyak yang didatangi. Untuk ponpes sudah ada pertemuan dengan Pemda, instansi terkait dan pengasuh pada Minggu lalu.

Intinya bahwa ponpes diberlakukan sama dengan madrasah. Selain itu pesantren juga harus membentuk gugus tugas di pesantren masing-masing. Dan melaksanakan protokoler kesehatan.

Ponpes di Bantul akan menerima kembali santrinya lagi yaitu Annur, Almunawir (Krapyak) pada 4 atau 5 juli 2020. Selain itu juga Al Imdad, Ar Risalah serta Binbaz. Diantara itu ada yang menerima secara bergelombanng (bertahap) yaitu utamanya dari lokal adalah Annur.

Di Bantul tercatat 89 Ponpes dengan jumlah santri sebayak 15.000-20.000 orang 20.000. Jumlah Madrasah Ibtidaiyah Negeri sebanyak 3 sekolah, MTs Negeri sebanyak 9 sekolah dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebanyak 4 sekolah. (Supardi)

.

 


share on: