Hari Bakti ke-78 PU, BBWS Serayu Opak Giat Aksi Sosial dan Penanaman Pohon di Bendungan Bener

share on:
Peserta nampak antusias mengikuti kegiatan olahraga gateball || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-78 tahun 2023, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak menggelar serangkaian kegiatan yang berlangsung pada tanggal 21 November 2023 hingga 3 Desember 2023.

Acara tersebut meliputi pertandingan olahraga tenis, gateball, tenis meja, bulu tangkis. Selain itu dilakukan pula penanaman pohon dan pembuatan biopori di kawasan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah

BACA JUGA: Raup Keuntungan Rp 50 Juta, Penjual Tiket Fiktif Konser Coldplay Kini Dibui

Ada pula kegiatan aksi sosial, meliputi donor darah, kunjungan ke TK Putra Gombong, bakti sosial, jalan sehat, senam bersama, karawitan, hingga puncaknya upacara bendera tanggal 3 Desember 2023 mendatang.

Kepala BBWS Serayu Opak Gatut Bayuadji memimpin penanaman pohon di Bendungan Bener || YP-Ist

Kepala BBWS Serayu Opak Gatut Bayuadji mengatakan pada Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum Ke-78 Tahun 2023, BBWS Serayu Opak menanam sejumlah 141 bibit pohon dan pemasangan biopori di lingkungan Bendungan Bener.

BACA JUGA: Penayangan Perdana 10 Film Pendek Terpilih Indonesiana Kompetisi 2023 di JAFF ke-18

“Pohon yang ditanam terdiri dari 100 bibit pohon tabebuya, 41 bibit pohon buah produktif dan 10 lubang biopori, sudah dilakukan pada saat pembukaan acara penanaman pohon  di kawasan Bendungan Bener, Rabu (30/11),” kata Gatut kepada yogypos.com, Jumat (1/12/2023).

Menurut Gatut, target penanaman pohon di Bendungan Bener mencapai kurang lebih 500 bibit pohon. Dirinya berharap segenap pihak dan masyarakat dapat turut menjaga dan memelihara pohon yang ditanam, sehingga bibit pohon dapat tumbuh dan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar.

“Pohon yang ditanam nantinya memiliki daya serap dan menjadi tempat penyimpanan cadangan air untuk menjaga pasokan, kualitas dan kuantitas air tanah sehingga cadangan air tetap terjaga,"tutur dia.

BACA JUGA: KPK akan Berhentikan Tetap Firli Bahuri Jika Sudah Berstatus Terdakwa

Untuk diketahui, lokasi penanaman pohon ini merupakan kawasan pintu masuk menuju Bendungan Bener yang membutuhkan keindahan dan estetika. Kegiatan Penanaman Pohon ini menjadi gerakan penghijauan yang dilakukan di area sekitar Bendungan Bener dan kawasan Greenbelt sebagai upaya untuk terus menggaungkan semangat penghijauan dan konservasi (penyelamatan) air.

Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-78 tahun 2023 diisi kegiatan donor darah || YP-Ist

Sementara itu, pada saat pembukaan lomba olahraga gateball pada Kamis (23/11/2023), Kepala BBWS Serayu Opak berpesan kepada para peserta agar mengikuti lomba dengan gembira dan disertai semangat sportivitas. Lomba olahraga ini merupakan bagian dari belajar untuk selalu kompak dan memberikan kontribusi terhadap organisasi.

BACA JUGA: Sambut Nataru, Bupati Kustini Lakukan Koordinasi Pastikan Ketersediaan Pangan

“Kami berharap agar perlombaan gateball tidak hanya menjadi sekedar game atau permainan, tetapi para peserta harus bisa mengambil nilai-nilai yang dapat diimplementasikan dalam berorganisasi dan bekerja sama. Sebagai contoh, dalam tim olahraga gateball, maka kita memilih seorang sebagai pemimpin atau kapten,” sebutnya.

Oleh karena itu, melalui ajang lomba olahraga harus dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap strategi yang akan diterapkan. “Ini juga sebagai bentuk loyalitas dari sebuah tim,” imbuhnya.

Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 3 Desember, untuk mengenang perjuangan 7  pegawai PU yang gugur pada tanggal 3 Desember 1945 di Gedung Departemen Pekerjaan Umum atau Departement Van Verkeer En Waterstaat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sate Bandung. Ketujuhnya kemudian dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna. (*/Opo)

 

 

 

 


share on: