Gubernur DIY: Kedisiplinan Masyarakat Kunci Pemberantasan Covid-19

share on:
Menyimak pidato Gubernur DIR Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Peringatan Hari Jadi Bantul, Senin (26/7/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Guberbur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan kunci pemberantsan Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat dengan cara mentaati protokoler kesehatan yang berlaku.

“Kini kondisinya, tentang usaha pemberantasan Covid-19 ibaratnya seperti mengepel lantai rumah yang tanpa atap. Artinya meskipun berbagai pihak termasuk Polri, TNI, Nakes dan lainnya bekerja keras memberantas. Namun jika masyarakat tidak sisiplin, maka hasilnya sangat minim,” demikian sabdatomo Sri Sultan HB X pada upacara Peringatan Hari Jadi Bantul ke-190 secara virtual, di Pemkab ini, Senin (26/7/2021).

Berbgai pihak dan Pemerintah DIY  (Gubernur) telah dan berperan aktif secara bertanggungjawab. Tidak mingkuh (lepas tanggungjawab dalam melakukan pemberantasan. Pemberian bantuan kepada warga yang terkena Covid-19 akan terus digulirkan. Itu antara kain melalui dana desa.    

“Saya teringat kejadian gempa Bumi 2016 yang sempat banyak menekan korban jiwa dan material. Namun itu sekali hilang dan terhenti.  Sedangkan Covid-19 lain. Berkesinambungan oleh semua pihak dalam penanganannya karena boleh jadi lebih sulit,” tambah Sultan. 

Sementara itu, Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, dalam laporannya mengatakan pemberantasan Covid-19 harus dilakukan sehiyek saeko kapti (bersama-sama oleh berbagai pihak dan lapisan).

“Ini harus dengan tekad pemberantasan untuk masa depan kesemua pihak. Kedisiplinan dan kesadaran bersama harus  ditempuh,” kata Abdul Halim. 

Dalam upacara peringatan Hari Jadi kali ini dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Bantul dengan penuh nuansa jawa. Semua tamu undangan mengenakan pakaian tradisional jawa. Acara diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Abdul Halim dan Ketua DPRD Hanung Raharjo. (Supardi)


share on: