Dirjen Pendidikan Islam: UNY Tempat yang Tepat Mengulik Kesadaran Menjadi Guru

share on:
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof Dr H Muhammad Ali Ramdahani STP MT saat memberi sambutan secara daring pada Pembukaan Orientasi PPG, Selasa (14/9/2021)

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof Dr H Muhammad Ali Ramdahani STP MT, berharap melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) peserta bisa mengupdate diri, sehingga tidak menjadi lawas tergerus dinamika zaman.

Harapan tersebut disampaikannya pada acara Orientasi Akadamik bagi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan IV Kemdikbudristek dan PPG Daljab bagi Guru Madrasah Angkatan II Kemenag, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa (14/9/2021) secara daring.

“Kata kuncinya adalah ketika kita ingin menjadi guru yang baik, disamping kompetensi-kompetensi yang perlu disiapkan mulai dari kompetensi pedagogy sampai dengan kompetensi sosial adalah kepemilikan, penguasaan, dan persahabatan kita dengan teknologi,” ujarnya.

Kegiatan PPG diikuti 1.310 peserta, terdiri peserta Angkatan IV Kemdikbudristek sejumlah  1.157 orang dan peserta Angkatan II Kemenag 153 orang.

Muhammad Ali juga menyatakan bangga menjadi bagian dari civitas akademik UNY. Menjadi bagian dari UNY adalah pilihan yang tepat untuk kemudian mengungkit kompetensi ini disertai dengan pengokohan terhadap aspek-aspek teknologi.

“Dan saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap UNY yang selama ini bekerja dengan  kami, hasil evaluasi dari kami bahwa UNY adalah tempat yang paling tepat untuk mengungkit sebuah kesadaran tentang bagaimana menjadi guru, bertindak sebagai  guru yang kemudian dibungkus dibingkai dalam sebuah kompetensi-kompetensi,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UNY Prof Dr Sumaryanto MKes dalam sambutan sekaligus membuka orientasi ini menyampaikan, ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, kita masih diberikan kesempatan untuk berkerja secara mulia dalam rangka meningkatkan kualitas SDM seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat pertemuan dengan para rektor seluruh Indonesia. 

“Bahwa kata kunci kalau kita akan sukses, negara kita, salah satunya dimulai dari ketersediaan SDM yang unggul. Rektor juga mengucapkan ucapan terimakasih kepada Kemendikbudristek dan Kemenag dalam rangka penyiapan SDM yang profesional berkualitas,” katanya.

Eksistensi UNY, menurutnya, dalam hal ini diberikan kepercayaan untuk mengelola persiapan SDM yang unggul yang ditandaidari jiwa profesional itu minimal expertist ahli dalam bidangnya, responsibility tanggung jawab, dan coorporate. “Sehingga dengan adanya orientasi ini kita berusaha mewujudkan SDM yang unggul demi kitabisa meraih cita-cita negara kita untuk adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Sumaryanto yang baru saja diberikan penghargaan sebagai insan olahraga dari Menpora.

Disebutkan, saat ini UNY diberikan amanah menjadi perguruan tinggi klaster 1 no 12 dari lebih dari 4.500 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Bahkan secara spesifik kinerja kemahasiswaan selama 3 tahun terakhir selalu masuk 5 lebar, atau peringkat 4 kinerja di Indonesia. Adik-adik sekarang merupakan bagian dari UNY, bagian dari 36.995 mahasiswa, yang terdiri dari sarjana terapan, sarjana, magister, doktor, program profesi insinyur, maupun program profesi guru ini. Diantara SDM,  terdapat 1.244 orang dosen, 963 orang tenaga kependidikan. Artinya SDM di UNY siap melayani kegiatan ini,” sambungnya.

Rektor juga menyampaikan jika tidak dalam masa pandemi, UNY sangat siap apabila ada pertemuan secara luring. Sehingga di masa pandemi ini kita harus mencari cara yang solutif, tanpa dipengaruhi dimensi waktu dan ruang pembelajaran, peningkatan kualitas SDM harus tetap kita lakukan.  UNY sudah menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya kantor PPG yang sangat representatif maupun asrama bagi peserta PPG, sarana praktek yang bisa digunakan nanti pada saat luring.

Kegiatan orientasi akademi kini, menurut Kepala Pengelola PPG UNY, Suyud, MPd mempunyai berbagai tujuan, antara lain memberikan pembekalan kepada mahasiswa PPG Daljab Angkatan IV Kemdikbud Tahun 2021 dan mahasiswa PPG Daljabbagi Guru Madrasah Angkatan II Kemenag Tahun 2021 supaya dapat mengikuti PPG di UNY sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang struktur Kurikulum PPG dan sistem pembelajaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2021; dan memberikan bimbingan teknis kepada mahasiswa tentang operasional teknis penggunaan LMS PPG Dalam Jabatan Tahun 2021.

“Dari jumlah peserta 1.310 orang, Peserta PPG Daljab Kemdikbudristek terdiri dari 20 program studi, yaitu Bahasa Indonesia (35 orang), Bahasa Inggris (70 orang), BahasaJawa (30 orang), Bimbingan dan Konseling (70 orang), Desain dan Produk Kreatif Kriya (2 orang), Guru kelas SD (280 orang), Guru kelas TK (105 orang), IPA (105 orang), IPS (105 orang), Matematika (35 orang), Penjas OR dan kesehatan (70 orang), PLB (70 orang), Seni Musik (14 orang), Seni Rupa (10 orang), Seni Tari (13 orang) Sosiologi (32 orang), Teknik Elektronika (9 orang), Teknik Grafika (1 orang), Teknik Komputer dan Informatika (70 orang), dan Teknik Otomotif (31 orang). Sedangkan peserta PPG Daljab Kemenag rinciannya prodi BK (33 orang), Biologi (30 orang), Ekonomi (27 orang), IPA (28 orang), dan IPS (35 orang),” kata Suyud dalam laporannya.

Peserta orientasi akan memperoleh berbagai pengetahuan dan materi yaitu Pembelajaran Berbasis Heutagogy di Era Pandemi Covid-19 oleh Prof Dr Margana, MHum MA Waki Rektor Bidang Akademik, Struktur Kurikulum, Sistem Pembelajaran PPG dalam jabatan, dan pendalaman materi , Serta Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Sistem Penilaiannya, yang disampaikan oleh para ahli di bidangnya. (Sudaryono)


share on: