Diklat Advokat KAI DIY Dipungkasi Malam Keakraban

share on:
Sejumlah pengurus dan anggota KAI DIY di puncak acara Malam Keakraban || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Meski dalam suasana pandemi Covid-19, DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) DIY yang dinahkodai advokat Nanang Hartatoe SH CPL tak surut melakukan aktivitas. Salah satunya dengan menggelar Diklat Khusus Profesi Advokat (DKPA) yang berlangsung, di Kantor DPD KAI Jalan Parangtritis, Bangeran 191, Bantul, Sabtu (31/7/2021) petang.

Diklat yang diikuti 14 peserta dari sejumlah kota di Indonesia ini dilangsungkan secara online sejak 6 hari sebelumnya pukul 8 pagi sampai 15.00. Kegiatan ini dipungkasi dengan ‘Malam Keakraban dan Konsolidasi’ seluruh anggota.

“Kami bersyukur akhirnya DKPA DPD KAI DIY telah selesai dilakukan. Untuk itu para peserta tinggal menunggu jadwal untuk mengikuti penyumpahan sehingga nantinya resmi menjadi seorang advokat,” ujar Ketua DPD KAI DIY, Nanang Hartanto SH CPL.

Sementara itu, Ketua LBH KAI DIY Dion Leonardo KS SH menyatakan, pelaksana DKPA KAI DIY kali ini sukses berkat kerjasama Ketua Panitia Maryanto SH, Bendahara Emy Wahyuningtyas SH MKn CMe dan Sekretaris Dwi Agus Wijanarko SH MH CMe) serta pengurus harian DKPA Wakhid Hasyim Subekti SH MH, Abdul Halim SH dan M Selamat Jupri SH.

Sebelumnya melakukan DKPA, Divisi Bidang Organisasi telah mengadakan Ujian Calon Advokat (UCA) sebanyak 5 kali lalu ditindaklanjuti dengan DKPA. Pelaksanaan DKPA ini bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Widya Mataram Yogyakarta (FH UWMY).

Dalam pelaksanaan DKPA DPD KAI DIY diisi dengan materi-materi yang menunjang calon-calon advokat DPD KAI DIY dengan materi praktis yang diampu advokat-advokat DPD KAI DIY dan Dosen FH UWMY.

"Pada akhir acara panitia juga mengadakan pres test dan post test secara online dengan pertanyaan sebanyak 55 soal yang ditempuh hanya dengan waktu 30 menit. Test ini bertujuan untuk melatih calon advokat DPD KAI DIY berpikir cepat dan tepat sehingga pada saat telah menjadi advokat para peserta semakin tangguh di lapangan,” terang Maryanto SH .

Tahap berikutnya dari kegatan ini, yakni penyelenggaraan Ujian Calon Advokat (UCA), penyumpahan dan pelantikan calon advokat.

Diakhir sambutan, Nanang berharap semua anggota menjalankan kerja profesinya secara profesional dan bertanggungjawab, serta tidak lupa dengan peran sosialnya memberikan bantuan hukum bagi warga tidak mampu.  (Met)

 

 

 


share on: