Di Pandak 2786 Orang terpapar Covid-19, Heru Giatkan Prokes

share on:
Heru Sudibyo aktif mendatangi Posko Covid-19 dan memberikan penyuluhan maupun bantuan || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Karena tuntutan kondisi dan situasi warganya banyak yang terkena Covid-19, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bantul, H Heru Sudibyo SSos MM, menggalakan melakukan edukasi tentang protokoler kesehatan (prokes). Kegiatan dilakukan bersama dengan para pengurus kampung dan aktivis di Posko Penanganan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 melalui PPKM Mikro padukuhan ini, di Dusun Daleman Kalurahan Gilangharjo Kapanewon Pandak Bantul.

“Di RT 1 Daleman jumlah total kasus Covid-19 tercatat sekitar 27. Sebanyak 5 orang berhasil disembuhkan. Meninggal dunia ada beberapa dan yang isoman masih belasan orang, termasuk sekeluarga yang beranggotakan enam orang. Inilah yang menjadi keprihatinan. Maka antisipasinya penguatan edukasi prokes dan pemberian  bantuan sembako serta vitamin untuk meningkatkan imunitasnya,” ungkap Heru Sudibyo saat memberiikan edukasi sekaligus menyaksikan penyaluran bantuan sembako dari salah satu donatur, di Posko Dusun Daleman, Selasa (3/8/2021).

Selain itu, pihaknya bersama pengurus dan aktivis posko, Ketua RT dan padukuhan juga selalu melakukan pemantauan dan menampung informasi terkait dengan data perkembangan Pandemi Covid-19. Data yang diperoleh banyak kegunaanya antara lain secepatya dilaporkan ke Kalurahan, 7 Pukesmas dan Kapanewon.

“Kesadaran masyarakat dan berbagai pihak termasuk dalam bentuk menyediakan logistik dan rumah untuk isoma kepada penderita penting. Maka dasa wisma juga digalakan secara bergiliran untuk penyediaannya. Ini juga digerakan melalui posko itu bersama tokoh masyarakat,” sambungnya. 

Sementara itu,  Panewu Pandak Kusmardiono mengatakan, data Covid-19 di Kapanewon ini jumlah kasus ada sekitar 2.786. Yang kini menjalani isoma 654 orang. Yang sembuh 2.055 orang dan yang meninggal karena positif setidaknya ada 7 orang termasuk hari ini juga ada pemakaman,” jelasnya. 

Kondisi seperti itu, maka Kapanewon Pandak juga meningkatkan kegiatan memberikan edukasi warga agar taat prokes. Selain itu kapanewon juga aktif mencarikan bantuan untuk warga yang isoma.  (Supardi)


share on: