Dana Hibah untuk Pengadaan Bola Askab PSSI Bantul

share on:
Suharsono menyempatkan diri foto bersama sejumlah penerima dana bantuan pengadaan bola, Sabtu (21/11/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANUL) - Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kabupaten Bantul menerima bantuan peralatan olahraga berupa bola. Bantuan pengadaan bola ini mempergunakan dana hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Wakil Ketua Askab PSSI Bantul, Susilo Marwoto, mengatakan semula anggaran ini akan dipergunakan untuk penyelenggaraan kompetisi. Namun karena kompetisi ditiadakan oleh pemerintah berkenaan dengan pandemi Covid-19, maka dana ini dilakukan perubahan dan untuk pengadaan barang olahraga.

“Dana anggaran untuk pengadaan barang olahraga ini, telah dilakukan perubahan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Perubahan dilakukan oleh Bupati Bantul Drs H Suharsono dan telah memperoleh persetujuan DPRD saat itu, maka telah syah,” kata Susilo disela mendampingi Ketua Umum Askab PSSI Bantul, Drs H Suharsono, saat menyalurkan bantuan, di Sewon, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, besar dana yang dilakukan perubahan dan disalurkan untuk pengadaan peralatan dimaksud sejumlah Rp 110 juta. Kesemuanya untuk pembelian peralatan olahraga berupa bola untuk diperbantukan ke sekitar 110 klub olahraga dan futsal di lingkungan Askab PSSI Kabupaten Bantul.

“Dibelanjakannya peralatan olahraga kepada Askab ini, merupakan solusi agar dana anggaran tetap bisa dipergunakan. Jika tidak dialihkan, maka akan kembalk ke KAS Negara dan pertangungjawabannya menjadi sulit,” terang Susilo.

Dikatakan, penyelenggaraan kompetisi ditiadakan oleh pemerintah karena terkait pandemi Covid-19. Maka dana harus  dikembalikan ke kas negara dan pertanggung jawabannya sulit. Maka solusinya dialihkan untuk pengadaan barang untuk Askab PSSI Bantul.

Bupati Bantul Suharsono yang kini sedang cuti karena sebagai paslon Pilkada dan juga selaku Ketua Umum Askab PSSI Bantul, membenarkan tentang telah dilakukannya perubahan anggaran itu.

“Saat itu saya (Pemkab Bantul) telah menganggarkan dana itu melalui KONI Bantul. Agar dana itu bisa dimanfaatkan, maka digunakan untuk pengadaan barang (bola) untuk Askab PSSI Bantul,” jelasnya.

Suharsono mengatakan, acara ini murni dan bukan terkait dengan politik (kampanye) Pilkada Bantul 2020. Diharapkan dunia persepakbolaan (Askab PSSI) Bantul dengan adannya bantuan peralatan kali ini,  bisa lebih maju.(Supardi)

 

 

 


share on: