Bidan Pelaku Utama Ujudkan Kesehatan Ibu dan Anak

share on:
Bupati Bantul bersama peserta Rakercab ke- VII Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bantul, Konsolidasi Organisasi dalam rangka HUT IBI ke 71, di ruang sidang DPRD Bantul, Sabtu (2/7/2022) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Bidan merupakan pelaku pertama dan utama dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak (KIA), mendukung upaya pemerintah dalam menyehatkan masyarakatnya.

“Dengan fakta itu, para bidan di Bantul diharapkan selalu meningkatkan profesionalisme melalui skil dan tindakan yang lebih berkualitas,” kata Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, dalam sambutan pembukaan Rakercab ke- VII Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bantul, Konsolidasi Organisasi dalam rangka HUT IBI ke 71, di ruang sidang DPRD Bantul, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Bupati, untuk mewujudkan kesehatan masyarakat khususnya Ibu Hamil (melahirkan) dan anak, juga mengatasi stunting dan yang lainnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beragam cara itu harus dikusai oleh para bidan yang memang mempunyai tugas mulia untuk kemajuan nusa bangsa dan negara di masa mendatang.

“Ini bertujuan agar lahir dan terwujud para generasi unggul sehingga bangsa Indonesia mampu besaing dengan bangsa dan negara lain,” tegas Halim.

Dikatakan, salah satu upaya Pemkab Bantul yang digalakkan adalah menurunkan angka stunting. Upaya ini juga tidak mungkin terlepas dari peran para pengurus dan anggota IBI Bantul yang jumlahnya tidak kurang dari 500 orang.

Terkait hal ini, Ketua Pengurus IBI Cabang Kabupaten Bantul, Nur Allailiyah SST Bdn MPH (R), mengatakan pihaknya siap mendukung dan mengimplementasikan program pembangunan pemerintah sektor kesehatan.

“Kami tempuh sejalan dengan tema acara ini yaitu Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju. Ini diantaranya melalui peningkatan penanganan kesehatan KIA,” kata Nur Allailiyah.

Sedangkan tentang serangkaian dari berbagai agenda dalam HUT IBI ke 71 di Bantul diantaranya baksos pelayanan kesehatan dan pembuatan film tentang keshatan yang waktu dekat akan dilaunching dan disebarluaskan kepada masyarakat. (Spd)

 


share on: