ALTAR 89 Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

share on:
Survei lokasi lahan tidur || YP-Ist

Yogyapos.com (TANGERANG) - Kepedulian Polri bersama TNI membantu perekonomian masyarakat menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) diwujudkan dengan kegiatan ‘Gerakan Ketahanan Pangan’. Salah satu wujudnya berupa pemanfaatan lahan tidur di kawasan Penunggangan Barat, Cibodas, Tangerang, Banten. Gerakan yang diprakarsai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto, bersama satu angkatan Alumni Taruna AKABRI (ALTAR 89) ini dalam rangka membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Didampingi Laksda TNI Coki Hutabarat, Kakor Binmas Baharkam Polri, Irjen Risyapudin Nursin, serta sejumlah pejabat TNI-Polri lainnya, Komjen Agus melakukan survei lokasi seluas 11 hektar siap dimanfaatkan terkait ketahanan pangan. Rencananya kegiatan diluncurkan Sabtu, 1 Agustus 2020 mendatang dengan melakukan penanaman palawija, penyebaran puluhan ribu benih ikan lele, mujair, dan gurami yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat.

“Sesuai arahan Bapak Presiden dan Bapak Kapolri, dampak Covid-19 tidak hanya kesehatan saja, tetapi dampak ekonomi juga dirasakan masyarakat,” ujar Komjen Agus kepada media saat memimpin survei di Tangerang, Jumat (17/7/2020).

Komjen Agus menyampaikan, ALTAR 89 menyediakan seribu paket sembako untuk dibagikan pada masyarakat. Terutama mereka yang terkena PHK di masa pandemi Covid-19, petugas tempat ibadah, kaum dhu’afa, santri pondok pesantren, anak yatim, tukang ojek dan penyandang disabilitas. Di samping itu, membantu biaya operasional lahan kepada Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) guna melestarikan lingkungan, khususnya sungai Cisadane dari sampah.

“Ini merupakan dukungan dari kami ALTAR 89. Semoga dukungan yang kami berikan bisa menjadi contoh kepada rekan lain. Begitu pula bagi Banksasuci, semoga kehadirannya bisa dirasakan dan memberi manfaat bagi masyarakat,” kata Komjen Agus.

Kabaharkam berharap, kegiatan semacam ini dapat mendorong rekan-rekan TNI dan Polri lainnya memanfaatkan lahan tidur di wilayahnya masing-masing. Hal itu  demi membantu masyarakat terdampak Covid-19, juga sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat.

“Saya juga memohon agar keasriaannya tetap dijaga, manfaatkan ruang yang ada. Mudah-mudahan dengan pengelolaaan yang baik, ini bisa bermanfaat. Karena pertanian adalah penopang kehidupan kita semua,” tutup Komjen Agus Andrianto. (*/Muf)

 


share on: