Warga Temukan Jejak Bekas Penambangan Ilegal di Kawasan TNGM

share on:

Yogyapos.com (MAGELANG) - Puluhan perwakilan warga Desa Kemiren Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang menemukan eks jejak aktivitas penambangan ilegal di wilayah Ngori yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

“Hasil pengecekan perwakilan warga Kemiren sekitar 30 orang di daerah Ngori dalam kawasan konservasi TNGM dijumpai adanya bekas penambangan ilegal,” kata Kepala Balai TNGM Karyadi, Jumat (11/11/2022).

Selain itu kata dia, warga juga menjumpai sejumlah alat berat yang berada di luar kawasan  TNGM.

“Ditemukan juga sebanyak 19 unit alat berat, namun posisinya di luar area TNGM,” katanya.

Menurutnya, aksi peninjauan lokasi oleh warga ini merupakan buntut reaksi dari warga Desa Kemiren terkait penolakan kegiatan penambangan pasir ilegal di wilayah Ngori terutama yang berada di dalam kawasan  TNGM.  

“Sebelumnya, tadi dilakukan pertemuan di Balai Desa Kemiren berjumlah 100 orang, intinya warga menyampaikan kembali aspirasi yang  sudah disampaikan di kantor Balai TNGM pada Senin 7 November 2022 lalu,”jelasnya.

Seperti pernah diberikan media ini, ada sekitar 60 orang warga Kemiren, Kecamatan Srumbung, Magelang, Jawa Tengah mendatangi Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang terletak di Jalan Kaliurang Pakem Sleman pada Senin (7/11/2022). Mereka meminta agar penambangan pasir yang merusak alam di kawasan konservasi dihentikan. (*/Opo)


share on: