Wadahi Talenta Digital 'Cakap' Buka Cabang di Yogya

share on:
Foto bersama usai diresmikan kantor cabang dengan nama Cakap Innovation Hub di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Kabupaten Sleman, Sabtu (6/8/2022) ||YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Sebagai komitmen dalam mewadahi talenta digital di Yogyakarta, Tech Cakap mengembangkan sayap bisnisnya dengan meresmikan kantor cabang ‘Cakap Innovation Hub’ di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Kabupaten Sleman.

CTO dan Co-founder Cakap, Yohan Limerta mengatakan peresmian Innovation Hub ini sebagai komitmen Cakap dan menyadari akan tingginya talenta digital di Yogya ini, maka Cakap mewadahinya dengan membangun sebuah pusat inovasi.

“Yogya sudah seperti rumah kedua, karena menjadi tempat para developer kami dalam mengembangkan produk sejak Cakap berdiri di tahun 2019. Kota pelajar ini juga merupakan salah satu pusat talenta berkualitas di berbagai bidang, salah satunya talenta digital yang sangat potensial dari berbagai perguruan tinggi ternama,” ujar Yohan, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, banyak lulusan dari kampus Yogyakarta yang telah mengukir prestasi pada startup digital dari berbagai industri, kerap pula startup digital menggaet lulusan baru maupun berpengalaman yang merupakan lulusan dari kampus di Yogyakarta. Terutama untuk bidang pekerjaan yang berbasis teknologi seperti backend-frontend developer, quality assurance, hingga wordpress dan android developer.

“Tidak hanya itu pekerjaan di bidang pendidikan terutama pengajar, baik guru bahasa maupun ahli bidang tertentu, banyak disokong oleh lulusan kampus di Yogyakarta. Pada tahun 2022, Dikti mencatat terdapat 387 ribuan mahasiswa di Yogyakarta, serta sedikitnya terdapat 15 program studi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan terakreditasi A dan B,” jelasnya.

Cakap akan terus berekspansi sebagai salah satu langkah merekrut talenta digital terbaik bangsa. Berdasarkan data internal Cakap, sejumlah karyawan tercatat sebagai alumni perguruan terkemuka di Yogya. Seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, hingga Universitas Amikom Yogyakarta.

“Secara latar belakang pengalaman kerja, karyawan tersebut merupakan kombinasi dari lulusan baru atau fresh graduates, maupun profesional dengan pengalaman kerja lebih dari tiga  tahun. Keberadaan Innovation Hub Yogya, turut disambut positif oleh kalangan akademisi,” tandasnya.

Sementara itu, Bidang Kerjasama dan Hubungan Internasional Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang diwakili oleh Gia Rizky mengungkapkan bahwa kehadiran Cakap Innovation Hub yang sangat dekat dengan kampus-kampus di Jogja sangat sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Keberadan Innovation Hub seperti ini sangat membantu dunia pendidikan, khususnya untuk persiapan tenaga kerja dalam bentuk soft skill, hard skill, dan pembekalan calon tenaga kerja untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Pihak UTY juga menambahkan sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Cakap dalam hal pemagangan, penyaluran lulusan, hingga pemberian  materi  untuk  kegiatan  seminar  atau workshop,” ungkap Gia Rizky.

CEO yang juga selalu Co Founder Cakap, Tomy Yunus mengatakan sebagian besar karyawan Cakap Innovation Hub Yogyakarta mengerjakan fungsi di bagian teknologi informasi (IT) hingga yang berhubungan dengan kurikulum dan mengajar. Cakap Innovation Hub ini merupakan cabang dari EdTech Cakap yang akan berfokus untuk menjadi pusat inovasi yang akan melahirkan lebih banyak solusi bagi anak bangsa. 

“Fungsi ini akan sejalan bersama dengan kantor pusat Cakap, yang bertempat di Jakarta dengan fokus pengembangan bisnis dan operasional. Tujuannya untuk menjadi pusat pengembangan inovasi baru di bidang pendidikan dan teknologi,” katanya.

 

 

Pihaknya ujar Tomy, mengundang para inovator yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan untuk bergabung menjadi bagian dari Cakap, dalam memajukan industri edukasi melalui teknologi. 

“Kami berharap dengan diresmikannya Cakap Innovation Hub, penyerapan talenta digital di Yogyakarta dapat lebih cepat dan efektif, serta dapat menjadi tempat untuk menyalurkan segala aspek terbaik yang mereka miliki. Sesuai visi kami yakni menjadi platform upskilling dan pengayaan karir terdepan, hal ini kami mulai dari internal sumber daya yang kami rekrut dan tempatkan secara tepat,” pungkasnya.

 

 


share on: