Wabup Bantul Memotivasi Penjahit dan Pengusaha Konveksi Agar Bangkit dari Keterpurukan

share on:
Pembukaan pelatihan ketrampilan home decor Disnakertrans Bantul, Senin (6/9/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Setelah pandemi Covid-19 pemulihan perekonomian melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan di Kabupaten diharapkan harus terwujud, dilakukan oleh Pemkab bersama masyarakat Bantul. 

Tekad dan harapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat memberikan sambutan pada pelatihan keterampilan home decor untuk peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro serta kapasitas dan kompetensi SDM Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupapaten Bantul, di Ros Inn Hotel, Senin (6/9) pagi.

Joko menyatakan, pelatihan kali ini pendaftarannya secara online. Berarti ingin maju di bidang kewirausahaan oleh Pemkab Bantul. “Seperti ini sudah beberapa kali, maka melalu bimbingan dan pelatihan ini home decor ini dilakukan,” tandasnya.

Pelatihan selama 3 hari ini diikuti oleh 30 penjahit dan usaha konveksi se-Kabupaten Bantul. Setelah ilmu sudah didapat, maka pelaku usaha harus diharapkan mampu mengkolaborasikan ilmu lama dan baru. Sehingga masing-masing rumah ada tempat usaha baru. 

Pelatihan kali ini juga menghadirkan nara sumber dari Gojek dengan terobosan online yang luar biasa. Kehadiran nara sumber ini sangat riil karena memaparkan sejumlah jasa usaha menggunakan sistem online. Sehingga menarik perhatian dan layak ditiru oleh peserta dalam memasarkan produknya. 

“Nantinya ditargetkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul akan dijadikan sebagai bapak angkat para perajin,” tambah Joko. 

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Agus Sulitiyanto, mengatakan adanya IT merupakan peluang dan tantangan bagi para pelaku usaha (home industry).

diikuti oleh 30 penjahit dan usaha konbeksi se-Kabupaten Bantul selama tiga hari.  (Supardi)

 


share on: