Usai Pemeriksaan Ketiga, Roy Suryo Akhirnya Ditahan

share on:
Roy Suryo || YP-Ist

Yogyapos.com (JAKARTA) – Setelah menjalani pemeriksaan untuk ketiga kalinya sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama, Roy Suryo akhirnya resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya.

Pernyataan penahanan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (5/8/2022). “Mulai malam ini dilakukan penahanan,” tegas Kombes Pol Endra Zulpan.

Sebelumnya politisi asal Yogyakarta itu ditetapkan sebagai tersangka sejak 20 Juli 2022, terkait meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip presiden Joko Widodo melalui akun twiter. Penetapan status tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan. Pemeriksaan terhadapnya dilakukan pertama kali pada 22 Juli lalu. Ia kemudian keluar dari ruang pemeriksaan mengenakan kursi roda. Sepekan berselang pada 26 Juli 2022 ia juga menjalani pemeriksaan lanjutan. Ketika itu nampak mengenakan penyangga leher, dan usai pemeriksaan diperbolehkan pulang.

Namun pada beberapa hari kemudian ia kedapatan oleh nitizen nampak di event Mercedes-Benz SL Club (MBSL) Indonedia, hingga menimbulkan heboh di jagat medsos.

Kombes Pol Endro mengungkapkan, pertimbangannya penahanan untuk memudahkan penyidikan karena dikhawatirkan menghilangkan barang bukti dan lainnya sebagaimana diatur KUHAP.

Selain melakukan penahanan, penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga menyita sejumlah barang bukti diantaranya akun twiter Roy Suryo dan Handphone, serta handphone milik saksi Ade Suhendrawan.

Roy Suryo dalam kasus ini dijerat Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kemudian ia juga disangkakan Pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama dan Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946. Penahanan dilakukan untuk 20 hari ke depan. (*/Met)


share on: