Tour Kamisan di Kepuharjo Suguhkan Performing Art

share on:
Performing art merespon objek patung di Kali Petung Kepuharjo || YP/Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Sekitar 40 peserta mengikuti Tour Kamisan pada Kamis (5/12) di Kepuharjo Cangkringan Sleman. Agenda yang masuk dalam rangkaian JSSP#3 ini menyuguhkan aksi performing art untuk merespon 8 objek patung yang didisplay di Kali Petung Merapi.

Menurut salah satu peserta, Galih asal Tangerang dirinya mengetahui program ini dari lini medsos. “Acaranya menarik dan sangat edukatif. Merespon alam Gunung Merapi dengan suguhan artistik objek patung. Ditambah adanya performing art dari para seniman, membuat konten Tour Kamisan ini sangat ‘bergizi’ dan lezat untuk dicecap,” ujarnya.

Ke-8 karya yang didisplay di Kali Petung Kepuharjo antara lain besutan dari pematung API Jakarta, Lab Sejarah Kajian Teknologi & Desain FAD UKDW, Kelompok Mata Air, Ronny Lampah, Agus Salim (Tangerang), Agung Tato (Surabaya), Kelompok Buted (Jakarta), dan Koko Sondaka (Bandung).

Karya patung berjudul Eling yang merupakan besutan API Jakarta cukup menyita perhatian peserta. Patung ini memadukan unsur energi natural yang bersifat sakral. Hingga merespon naluriah manusiawi untuk senantiasa bersikap kelingan, eling dan sadar.

Patung karya Agung Tato yang berjudul Kiblat Papat Kelima Pancer juga mendapat sambutan yang hangat. Patung tersebut disusun dari bebatuan alam yang ditumpuk-tumpuk. Hingga menghadirkan aspek artistik natural. (Dol)

 


share on: