Tim Pengacara Terdakwa Mengapresiasi Hakim Memvonis Percobaan

share on:
Tim pengacara terdakwa, Arif Budi Paryono SH dan Yosep Samana SH || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Suryanto, terdakwa kasus penganiayaan terhadap Roni Oktavianto, akhirnya hanya dihukum 3 bulan dengan masa percobaan 6 bulan oleh majelis hakim PN Sleman, Senin (7/9/2020).

Vonis majelis hakim diketuai Sagung Bunga Maya Putri SH ini sama dengan permintaan jaka Rina Pariwisata SH. Terdakwa yang didampingi tim pengacaranya Yosep Samana SH dan Arif Budi Paryono SH langsung menyatakan menerima. Demikian pula jaksa penuntut umum bersikap sama.

“Perbuatan terdakwa terbukti melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP,” tegas hakim yang mengingatkan juga kepada terdakwa jika selama masa percobaan 6 bulan itu melakukan tindak pidana, maka wajib menjalani hukuman penjara 3 bulan.

Sementara tim pengacara terdakwa mengapresiasi putusan hakim. Sebab dalam kasus ini sebenarnya sudah pernah dilakukan perdamaian. “Ya kami apresiasi putusan hakim. Klien kami dan korban sebenarnya bertetangga, dan kalau pun ada pemukulan itu sifatnya ringan spontan. Itu pun sudah pernah dilakukan perdamaian,” jelas Yosep yang diamini Arif usai sidang. 

Seperti terungkap di persidangan, terdakwa dan korban sama-sama berdomisili di Tegal Mraen, Mlati, Sleman. Mereka bertetangga, hanya beda RT. Pada Juli 2016 pukul 11.00, korban sedang membuat resapan air di samping rumahnya. Ia tiba-tiba didatangi sejumlah warga, diantaranya terdakwa. Mereka menegur agar korban tidak membuat resapan air, karena lokasinya masuk dalam wilayah RT 02 kampung Tegal Mranggen. Teguran menimbulkan reaksi, hingga terjadi aksi pemukulan oleh terdakwa mengenai pelipis korban hingga terjatuh. (Agung DP)

 

 


share on: