Tim Gabungan Perketat Penjagaan di Ruas Jalan Menuju Parangtritis

share on:
Para petugas melakukan penjagaan dan menghalau wisatawan yang hendak ke pantai parangtritis, Kamis (31/12/2020) malam || YP- Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Para petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Dinas Perhungan dan Pariwisata Bantul melakukan pengawasan ketat di pintu masuk obyek wisata Parangtritis, sejak Kamis (31/12/2020) siang. Mereka bahkan tak segan menghalau orang-orang (wisatawan) yang hendak menuju ke obyek wisata tersebut.

Sikap tegas Tim Gabungan melarang wisatawan menuju ke Parangtritis sebagai ujud kedisiplinan mematuhi Instruksi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tentang penutupan sementara obyek wisata.

Selain itu Pemkab Bantul menindak lanjutinya dengan mengeluarkan surat Instruksi serupa yaitu menutup semua tempat wisata pada Kamis (31/12/2020) Pukul 10.00 WIB hingga Jumat (1/1/2021) Pukul 10.00 WIB.

Tim yang diterjunkan bertugas di Parangtritis setidaknya mencapai 45 personel. Para wisatawan dicegat di TPR Parangtritis dan diminta balik  arah. Namun warga setempat atau masyatakat yang dalam perjalanan menuju ke arah Panggang Gunugkidul diperbolehkan. Tidak sedikit para wisatawan dan warga yang terpaksa diperiksa identitasnya oleh petugas.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, menyatakan pihaknya melakukan langkah ini untuk melaksanakan Intruksi Gubernur DIY dan Pamkab Bantul.

Sementara itu Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi W, mengatakan pihaknya menerjunkan para petugasnya terutama di Parangtritis dan sejumlah di obyek wisata lainnya.

Para wisatawan yang ditemui yogyapos.com mengaku tidak tahu tentang adanya penutupan sementara obyek wisata ini. Mereka sedianya emmang akan menghabiskan malam pergantian tahun di Parangtritis. Tapi karena ada penjagaan ketat dan larangan, terpaksi balik arah. (Supardi)

 


share on: