Tiga Terdakwa Kasus Susur Sungai Divonis 18 Bulan

share on:
Suasana sidang kasus susur sungai dengan agenda pembacaan vonis hakim || YP-Fadholy

Yogyapos.com (SLEMAN) - Tiga terdakwa susur sungai yang mengakibatkan korban jiwa, divonis 18 bulan penjara potong masa tahanan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sleman, Senin (24/8/2020). Mereka adalah IYA (36), R (58) dan DDS (58), bersikap pikir-pikir atas putusan yang lebih ringan 6 bulan dari tuntutan Sihid Inugraha SH.

Majelis hakim diketuai Anas Mustakim SH MH dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa terbukti bersalah dan telah melakukan tindakan melawan hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 359 dan Pasal 360 ayat 2 jo 55 55 (1) ke-1 KUHP.

Pertimbangan yang memberatkan adalah karena perbuatan terdakwa menimbulkan hilangnya nyawa orang lain dan membuat orang lain luka-luka. Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa mengakui perbuatan dan kesalahanya.

Terungkap di persidangan, ketiga terdakwa ini merupakan pembina pramuka menyelenggarakan pelatihan susur sungai. Mereka dinyatakan melakukan kelalaian sehingga menyebabkan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman terseret arus dan meninggal dunia. (Fadholy)


share on: