Soal Teroris, Abdul Halim Muslih: Tingkatkan Kewaspadaan, Tapi Tenang

share on:
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Merspon informasi bahwa di Bantul ada sejumlah orang yang diduga sebagai teroris dan telah ditengkap oleh Densus 88, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, menghimbau agar masyarakat proaktif meningkatkan kewaspadaannya.

“Kita tetap meningkatkan kewaspadaan. Tapi tidak perlu panik dan tetap tenang serta melakukan aktivitas keseharian sebagaimana biasanya,” kata Abdul Halim Muslih kepada wartawan, Senin (5/4/2021).

Bupati menyatakan, sikap waspada antara lain dengan cara para pengurus kampung dan masysarakat meningkatkan ketertiban dengan memberlakukan tata tertib kampung. Misalnya memberlakukan tamu menginap harus melapor kepada pengurus kampung. Ini dimaksudkan untuk mengetahui identias dan tujuan tamu yang menginap.

Selain itu juga perlu menggiatkan ronda malam, mengefektifkan komunikasi antara pengurus kampung dan masyarakat setempat. 

Ditanya kabar bahwa ada teroris yang banyak mengusung kotak amal masjid, Halim mengatakan infaq masjid bukan untuk tororis. Melainkan infaq diperuntukkan kemaslahatan antaran lain guna kemakmuran masjid, membantu fakir miskin dan yatim piatu maupun kegitan positif yang sesuai dengan kegunaan infaq itu sendiri.

“Saya yakin masyarakat tahu tujuan dan kegunaan infaq. Maka mereka juga akan beramal sholih melalui berinfaq. Namun masyarakat juga perlu waspada jangan sampai infaq justru dibawa teroris,” tambahya.

Abdul Halim menegsakan keprihatinannya terhadap praktik teroris. Perilaku teroris tidak dibenarkan oleh agama manapun, dan tentu saja melanggar hukum. Karena dapat meresahkan dan mengganggu ketentraman, hingga menimbulkan korban jiwa. (Supardi)


share on: