Sinergitas Praktisi Kopi Sejahterakan Petani

share on:
Pihak Dekopi, FP UGM dan Traya foto bersama || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Memperingati Hari Kopi Indonesia yang jatuh pada 11 Maret lalu, Dewan Kopi Indonesia (Dekopi), Fakultas Pertanian (FP) UGM dan Traya Eksibis menggelar ‘Coffee Night’ di Cangkringan Resort Sleman, Sabtu (13/3/2021) malam.

Ketum Dekopi Dr Ir Anton Apriyantono menjelaskan, Dekopi adalah wadah pemersatu antar praktisi kopi di Indonesia. Sinergitas antar pemeirntah, swasta dan petani kopi harus solid dan mampu memajukan khasanan perkopian di Indonesia dan tentunya bisa mensejahterkan para petani. Gelaran ini untuk memberikan motivasi dan semangat dalam meningkatkan kualitas kopi Indonesia.

“Dekopi bersama FP UGM akan membuat big plan penerapan inovasi dan teknologi dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional,” imbuhnya.

Sementara Dekan FP UGM Dr Jamhari SP sangat mengapresiasi upaya antar stakeholder dalam memajukan kopi Indonesia.

Sebagaimana diketahui, penghasil kopi unggulan,  memiliki 20 jenis kopi Arabika asli yang telah diakui secara internasional. Hal ini menjadikan kopi sebagai komoditas ekspor utama.

“Kita memiliki kopi yang terbaik. Namun terkendala sejumlah lini. Dan ini yang harus kita benahi. Kami berupaya berekspansi ke pasar global dengan menyediakan jaringan serta membentuk metode keberlanjutannya,” ujar Jamhari.

Bambang setiawan selaku Presdir Traya Eksibisi mengatakan pihaknya akan menghelat Indonesia International Coffee Expo (IICE) pada Oktober 2021 dan Maret 2022di Jakarta Convention Center.

“Konsep kami tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, ekonomi dan perdagangan untuk industri kopi global. IICE juga berupaya menjadi wadah bagi kedai kopi. Pameran business to businessinidiikuti oleh produsen kopi, eksportir& trading house, perusahaan peralatan kopi serta perlengkapannya, industri pendukung (perusahaankemasan, logistik, desain interior, dan penyedia teknologi),” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga ditandantangani MoU antar Dekopi dengan Traya sebagai bentuk jalinan kasih bagi petani. (Fadholy)

 

 

 

 


share on: