Sinden Harus Paham Lingkungannya

share on:
Siswati (beridi) saat memberikan workshop sinden || YP-Ist 

Yogyapos.com (YOGYA) - Workshop sinden selalu menjadi program andalan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF). Kali ini diampu oleh Siswati, Sinden yang juga Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Di awal pembelajaran, Siswati mengungkapkan citra sinden yang dipahami orang awam adalah perempuan bersanggul. Padahal, sinden tidak sebatas penampilan secara fisik, sebab sinden adalah vocal solo yang mengiringi karawitan dengan laras slendro pelog.

“Sinden tidak hanya menyinden tetapi juga paham akan lingkungannya. Sinden juga tidak melulu perempuan, laki-laki juga bisa menyinden. Ini sering dijumpai dalam ketoprak yang menggunakan tembang tanpa wangsalan tetapi memakai teks,” kata Siswati, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Siswati, sindenan ada dua kategori. Yakni gerongan dan rumpakan. Gerongan merupakan vokal yang bersifat ritmis, bisa tunggal atau berkelompok tetapi unisound alias tidak ada pecah suara.

“Sedangkan di dalam gerongan biasanya berupa tembang sekar alit, sekar tengahan, dan sekar ageng. Sementara, rumpakan sebenarnya baru muncul dan menjadi sebuah lagu. Biasanya liriknya terikat dengan judul gending untuk kebutuhan iringan tari atau wayang,” imbuhnya.

Pembelajaran ini diikuti oleh tiga peserta secara luring yang datang ke Studio Komunitas Gayam16. Salah satunya adalah perempuan bernama Vanya yang berasal dari Serbia dan sudah tiga tahun tinggal di Indonesia. “Saya tertarik mengetahui sindenan lebih dekat karena sinden memiliki suara yang indah,” tutur Vanya.

YGF ke-25 digelar secara daring di www.ygflive.com pada 18 sampai 22 November 2020. Perhelatan yang menampilkan belasan penampil dari dalam dan luar negeri ini bisa disaksikan selama penyelenggaraan mulai pukul 19.30 WIB. Perhelatan ini dibuka secara langsung di Studio Komunitas Gayam16 oleh perwakilan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya DIY.  (Fadholy)

 

 


share on: